Herbal Karo Memaksimalkan Imunitas Tubuh

  • Whatsapp
Kuning yang diproduksi oleh minyakkaro.laucih

transbisnis.com | Kuning adalah obat herbal khas tradisional Karo yang digunakan dalam perawatan kesehatan khususnya memaksimalkan imunitas tubuh.

Ada dua jenis kuning yaitu kuning melas (hangat) dan kuning mbergeh (dingin). Bahan dasar herbal tersebut diantaranya jahe, merica, kencur, bawang merah dan bawang putih.

Bacaan Lainnya

Bagi mantan tenaga kesehatan RSUD Kaban Jahe, Kartini Sembiring , kearifan lokal ini merupakan pengobatan alternatif yang banyak digunakan selama pandemi COVID-19 di pedesaan.

Meski sangat akrab di kalangan warga, ia selalu mengingatkan agar tertib dalam protokol kesehatan (Prokes) berupa memakai masker , mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak , menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Kuning yang diproduksi oleh minyakkaro.laucih

“ Masyarakat meyakini dengan menggunakan kuning, imunitas serta kebugaran tubuh meningkat, Meski demikian Prokes harus dibiasakan, “ ujarnya saat ditemui berbelanja bahan – bahan dasar kuning di Medan, Selasa (23/11/2021).

Bahan-bahan pembuatan kuning yaitu kelompok  daun, bunga tumbuhan dan bahan lainnya digiling kemudian dicampurkan dengan tepung beras, diaduk hingga merata dan kemudian dicetak berbentuk bulat dan dijemur.

Penggunaan kuning dilakukan dengan cara mengoleskan pada bagian tubuh atau dimakan untuk pengobatan dari dalam tubuh.Kuning terlebih dahulu dicairkan menggunakan air dingin, lalu dioleskan ke seluruh bagian tubuh. *jendaingetanbangun.

 

 

Pos terkait