Tak Kenal Lelah, Nakes TNI AL Lantamal I Terus Beri Vaksin Pada Masyarakat Maritim

  • Whatsapp
Tim Vaksinator TNI AL Lantamal I melaksanakan vaksinasi secara rutin atau reguler terhadap masyarakat maritim sekitar Belawan, di RSAL DR Komang Makes Belawan, Senin (18/10/21). ( Foto : Dispen Lantamal I )

transbisnis.com | Belawan – Tanpa mengenal lelah, Tim Vaksinator Covid-19 yang terdiri dari tenaga kesehatan (Nakes) Diskes Lantamal I dan Rumkital Komang Makes terus memberikan pelayanan vaksin 1 dan 2 kepada masyarakat maritim sekitar Belawan.

Seperti halnya pelaksanaan vaksinasi secara rutin atau reguler yang dilaksanakan pada hari ini, di RSAL DR Komang Makes Belawan, Senin (18/10/21).

Bacaan Lainnya

Tim Nakes ini setiap harinya secara rutin memberikan pelayanan vaksin terhadap masyarakat maritim sekitar 100-200 orang.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal 1, Mayor M Akbar mengatakan Tim Nakes yang bertugas dibagi dalam 2 tim yang secara bergantian memberikan pelayanan vaksin, terdiri dari 1 Tim dari Diskes Lantamal I dan 1 Tim dari RSAL Komang Makes, dengan jumlah petugas 10 orang dalam 1 Tim.

Ke-10 petugas Nakes dalam 1 Tim tersebut bekerja sesuai tugas masing-masing, dengan 1 perwira penanggung jawab, 1 dokter umum, 1 personel bagian Screning dan 7 anggota Kesehatan yang bertugas mengukur tensi, bagian pendaftaran, merecord pengenal peserta vaksin, memberikan suntikan vaksin, penyiapan vaksin dan penyiapan kertas tanda selesai vaksin.

“Dalam pelaksanaan vaksin juga dilibatkan Tim pengamanan dari Provost, Babinpotmar dan Pomal Lantamal I,” pungkas Mayor Akbar.

Lebih lanjut Mayor Akbar menjelaskan untuk mendapatkan nomor antrian peserta vaksin dapat mendaftar terlebih dahulu melalui link yang ditempel 1 hari sebelumnya di depan rumah sakit TNI AL DR. Komang Makes Belawan dan Link untuk hari besoknya bisa diakses di https://forms.gle/R4mgiS9zLGnSxAJZ8

Dalam pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19, dimana masyarakat setelah selesai divaksin, dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat.

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol.

(Sumber : Dispen Lantamal I)

Pos terkait