Percepatan Herd Immunity Empat Puskesmas Vaksinasi

  • Whatsapp
Tampak Bupati Kabupaten Langkat Terbit Rencana PA saat memantau vaksinasi massal.

transbisnis.com | Empat unit pelaksana teknis pusat kesehatan masyarakat (UPT Puskesmas) yakni Puskesmas Namutarasi, Namu Ukur, Sirapit dan Selesai bergabung melaksanakan vaksinasi massal dosis I di di Jambur Dusun Percihen Desa Tanjung Gunung Kec.Sei Bingai, Langkat, Rabu (13/10/2021).

Penggabungan UPT tersebut sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan percepatan mendapatkan herd immunity (kekebalan kelompok).

Bacaan Lainnya

Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.Demikian dijelaskan dalam kemkes.go.id

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Warga terlihat antusias dengan tertib mengikuti arahan petugas disertai protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Target vaksinasi tersebut sebanyak 2.000 orang dengan jenis vaksin Astra Zeneka.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA memberikan apresiasi atas antusias masyarakat. ” Saya senang melihat antusias warga untuk divaksin,” sebut Bupati saat meninjau vaksinasi massal tersebut.

Sembari berbincang dengan peserta vaksinasi Bupati tetap menghimbau masyarakat harus hadir pada vaksinasi dosis II.

Kepada Forkopinca Sei Bingai sebagai lokasi vaksinasi massal, Bupati mengingatkan tetap menjalankan anjuran pemerintah guna memutus mata rantai penyebabaran COVID-19.

Sementara itu, data per Rabu (13/10/2021) dari gugus tugas COVID-19 Kabupaten Langkat menyebutkan, total konfirmasi sejumlah 2.959, konfirmasi isolasi mandiri 10, konfirmasi darurat 2, meninggal 365 dan sembuh 2.562. *jendaingetanbangun.

Pos terkait