Aksi Demo Berakhir Ricuh, Seorang Mahasiswa Pingsan Dibanting Oknum Polisi

  • Whatsapp

transbisnis.com | TANGERANG – Aksi demo mahasiswa dari beberapa kampus di Tangerang Raya, saat perayaan HUT ke-389 Kabupaten Tangerang, di depan kantor Bupati Tangerang, Tigaraksa, Banten, berakhir ricuh, Rabu (13/10/2021) siang.

Bahkan salah satu dari mahasiswa pingsan setelah dibanting oleh seorang oknum polisi, ketika aksi demo itu dibubarkan dengan cara refresif, bukan humanis.

Bacaan Lainnya

Mahasiswa itu dipegang dari belakang oleh oknum polisi tersebut dan dibantingkan hingga pingsan, kemudian kejang-kejang.

Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga, yang dikonfirmasi wartawan mengatakan Polda akan memintai keterangan terlebih dahulu terkait insiden itu dan akan melakukan penyelidikan internal terkait tindakan represif yang dilakukan anggotanya.

Namun, dia belum mengetahui siapa personel yang melakukan tindakan di luar batas tersebut.

“Kalau memang di luar dari ketentuan, pastinya akan dilanjutkan ke ramah internal propam. Dan pasti yang bersangkutan akan kita kenakan sanksi. Karena Polda Banten konsen, jika kesalahan dalam prosedur pengamanan itu harus dilakukan penindakan,” tutur Shinto.

Shinto menegaskan, kepolisian tidak akan mentoleransi kesalahan teknis dalam prosedur pengamanan aksi demonstrasi. Setiap pengamanan aksi harus melakukan pembubaran dengan tindakan humanis.

Terpisah, Kapolresta Kabupaten Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro menegaskan, pengamanan aksi demo dalam perayaan HUT ke-389 itu sudah sesuai dengan prosedur pengamanan aksi demonstrasi. Ia membantah ada kekerasan dalam pengamanan aksi tersebut.

“Tidak ada kekerasan hari ini. Kalau masih ada (kekerasan) berarti oknum anggota tersebut saya akan tindak tegas. Dan terkait mahasiswa yang ada dalam video itu, kondisinya masih sehat. Semua yang diamankan masih dilakukan swab dan pemeriksaan lebih lanjut. yang bersangkutan kita bawa ke RS untuk dilakukan pemeriksaan medis,” tandas Kapolres.

(sn)

Pos terkait