IHSG Masih Bertenaga Pada Perdagangan Hari Ini, Cek Rekomendasinya

  • Whatsapp
Sejumlah pengunjung memantau layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

transbisnis.com | JAKARTA – Setelah menguat 4,06% dalam sepekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih memiliki tenaga untuk kembali naik pada perdagangan hari ini, Senin (11/10/2021).

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 1,02% ke level 6.481,77 pada Jumat (8/10/2021).

Bacaan Lainnya

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan, IHSG masih memiliki potensi menguat dan menguji resisten di level 6.500-6.558 pada perdagangan Senin (11/10/2021).

Namun, investor juga perlu mewaspadai potensi profit taking yang dapat menyebabkan koreksi wajar pada IHSG.

“Untuk Senin (11/10) masih minim sentimen, pergerakan akan lebih diarahkan dari penguatan harga komoditas, dan foreign inflow dari potensi perbaikan ekonomi Indonesia di kuartal IV,” ujarnya, pada Minggu (10/10/2021) malam.

Mengutip data RTI, investor asing telah membukukan beli bersih senilai Rp 10,67 triliun di seluruh pasar dalam seminggu terakhir.

Hendriko menyarankan, agar investor dapat melakukan buy and hold untuk saham-saham big caps.

Menurutnya, saham perbankan memiliki potensi menarik di kuartal IV-2021 dengan potensi pertumbuhan kredit yang membaik.

Selain itu, ia melihat, saham ASII juga menarik sejalan dengan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diperpanjang hingga akhir tahun.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Setya Ardiastama menambahkan, beberapa sentimen dari dalam negeri masih akan mewarnai pergerakan IHSG pada Senin (11/10/2021).

Misalnya saja, upaya pemerintah dalam kembali melaksanakan pengampunan pajak atau tax amnesty jilid II yang dinilai dapat berdampak pada pasar saham maupun obligasi nantinya.

Di satu sisi, kinerja keuangan emiten pada semester I-2021 yang mencatatkan perbaikan menjadi harapan dari pelaku pasar terhadap pemulihan ekonomi yang mulai terkonfirmasi ke kinerja emiten.

“Rilis data keyakinan konsumen yang dapat dikatakan cukup baik dinilai masih akan berdampak pada kepercayaan diri pelaku pasar,” katanya, Jumat (8/10/2021).

Okie memproyeksikan, IHSG akan bergerak terbatas pada kisaran 6.395 – 6.507 pada Senin (11/10/2021). Okie bilang, saham-saham dari sektor industri dasar dapat dicermati pelaku pasar pada pekan depan.

(Dikutip Dari Sejumlah Pengamat Saham)

Disclaimer : IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) merupakan indeks harga saham-saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia. IHSG merupakan barometer yang menunjukkan naik turunnya harga saham secara gabungan di BEI

Pos terkait