350 Warga Binaan Rutan Labuhan Deli di Vaksin Tim Vaksinasi TNI AL Lantamal I

  • Whatsapp
Pelaksanaan vaksinasi terhadap warga binaan dilakukan di ruang kunjungan Rutan Kelas I Labuhan Deli, Kec. Medan Labuhan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (08/10/2021). ( Foto : Dispen Lantamal I )

transbisnis.com | BELAWAN – Sekitar 350 Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas I Labuhan Deli mendapatkan vaksin dosis I gelombang V dari Tim Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal I.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di ruang kunjungan Rutan Kelas I Labuhan Deli, Kec. Medan Labuhan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (08/10/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan serbuan vaksinasi kolaborasi TNI AL Lantamal I Belawan dan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Kanwil KUMHAM Sumut yang membawahi Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Sumatera Utara, bertujuan untuk mencapai target program pemerintah sebanyak 70% jumlah penduduk Indonesia bisa tervaksin Covid-19, supaya dapat kekebalan komunal (Herd Immunity).

Seperti diketahui, TNI AL saat ini sedang gencar-gencarnya menggelar serbuan vaksinasi massal khususnya kepada masyarakat maritim yang berada di wilayah pesisir, masyarakat nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan-pelabuhan, komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL termasuk di dalamnya Instansi pemerintah dan Kementerian lembaga.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono yang diwakili Aspotmar dalam hal ini Paban Komsos Spotmar Lantamal I dan Kakanwil KumHam Drs. ImamSuyudi, Bc, IP, SH. MH serta Kepala Rumah Tahanan Labuhan Deli Nimrot Sihotang meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Rutan Kelas I Labuhan Deli Belawan tersebut.

Dikesempatan itu, Ka Rutan Kelas I Labuhan Deli Nimrot Sihotang menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Rutan Kelas I Labuhan Deli adalah bentuk kerjasama dan kepedulian terhadap kebutuhan vaksin terhadap warga binaan yang berada di dalam Rutan Kelas I Labuhan Deli.

Sementara, Kakanwil KumHam Sumut Imam Suyudi, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI AL Lantamal I atas responsif terhadap kebutuhan vaksin warga binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli.

“Dengan terlaksananya vaksinasi hari ini, hak untuk mendapatkan vaksin bagi warga binaan Rutan Kelas I dapat terpenuhi. Sehingga upaya vaksin di Rutan Labuhan Deli diharapkan bisa 100% tervaksin,” tutur Kakanwil KumHam Sumut

Hadir juga dalam peninjauan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Ruang Kunjungan Rutan Kelas I Labuhan Deli, Kadispotmar, Karumkit dan Kadiskes serta para pejabat Teknis dan Struktural Rutan Kelas I Labuhan Deli.

Pasca pelaksanaan vaksin, warga binaan dihimbau menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19.

Kegiatan vaksinasi juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Yonmarhan I dan personel Pomal yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi disiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 2 Tim, 1 Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I, 1 Tim dari RSAL Komangmakes.

(Sumber – Dispen Lantamal I)

Pos terkait