Kanwil Kemkumham Sumut Tegaskan Tak Ada Pungli di Kantor Imigrasi Belawan

  • Whatsapp
Kakanwil Kemkumham Sumut, Imam Suyudi melakukan monitoring di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan, Rabu (6/10/2021). ( Foto : Istimewa )

transbisnis.com | MEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemkumham – Sumut), Imam Suyudi melakukan monitoring di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan, Rabu (6/10/2021).

Dalam kunjungannya, Kakanwil Kemkumham Imam Suyudi meminta kepada petugas pemberi pelayanan masyarakat agar tak mengutip pungutan liar (Pungli).

Bacaan Lainnya

“Monitoring serta evaluasi dilakukan agar mengetahui kesiapan petugas dalam pelayanan. Karena Covid untuk Medan levelnya sudah menurun. Jadi kita cek kesiapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kita tegaskan tidak ada pungli,” tegas Imam.

Selain itu, ia juga mengingatkan apabila terjadi permasalahan akibat gangguan alam seperti banjir Rob yang dapat mengganggu kegiatan. Meskipun begitu, pelayanan tetap dilaksanakan secara maksimal.

“Walau banjir rob datang. Dengan sarana dan prasana yang cukup memadai, Imigrasi Belawan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Kakanwil didampingi Plt Kadivmin, Betni Humiras Purba.

Lebih lanjut, pihaknya juga memberikan motivasi dan pendampingan, agar seluruh petugas menjalankan tugasnya dengan baik.

Sehingga diharapkannya, tidak ada pengaduan dari masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Termasuk mengenai fasilitas di Kantor Imigras Kelas II Belawan, yang sejauh ini sudah sesuai dengan standarisasi yang dibutuhkan.

“Jelasnya, sarana IT dan lainnya sudah cukup maksimal. Harapannya, Imigrasi Belawan harus menjadi jagoan untuk meraih WBBM. Makanya, kita tegaskan kepada petugas untuk memberikan super pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menghindari KKN dan Pungli,” tutur Imam Suyudi dihadapan Kepala Imigras Kelas II TPI Belawan, Berthi Mustika.

Dikesempatan tersebut, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Betni Humiras Purba yang juga menjabat sebagai Plt Kadivmin, memberikan pengarahan dan menegaskan kepada petugas di Imigrasi Belawan untuk meningkatkan integritas, menghindarkan pemotongan tunjangan kinerja karena pembangunan zona integritas dapat diukur juga dari disiplin kinerja.

“Agar menuju WBBM, kita harus mengetahui seluruh area perubahan dari manajemen sampai peningkatan terhadap kualitas pelayanan publik,” pesannya kepada seluruh petugas di Imigrasi Belawan.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas II TPI Belawan Berthi Mustika mengaku, pihaknya akan terus melakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Bahkan, kata Berthi pihaknya sudah meluncurkan 5 aplikasi unggulan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dengan adanya program unggulan untuk layanan. Petugas juga ditekankan untuk berintegritas tinggi dalam memberikan pelayanan yang humanis kepada masyarakat,” pungkas Berthi Mustika.

(ril/tt)

Pos terkait