Budayawan Deli Serdang Peduli Pandemi COVID-19

  • Whatsapp
Retno Ayumi

transbisnis.com | Retno Ayumi, pemantun tersohor di Sumatera Utara bahkan tingkat nasional. Ternyata, sebagai budayawan ia juga mencurahkan perhatiannya terhadap pandemi COVID-19 dewasa ini. Menjalin kata menjadi pantun bermakna nasehat , Kamis (16/09/2021) ia sampaikan di depan sejumlah warga.

Bagus warna awan pagi,

Bacaan Lainnya

Malam tadi  hujan lebat,

Virus corona mewabah tinggi,

Jaga diri setiap saat.

 

Sambut senandung irama hidup,

Tambah gerak kaki dan lengan,

Mulut hidung sama ditutup,

Jaga jarak bercuci tangan.

 

Menurutnya, dengan sentuhan budaya seperti pantun, memiliki nilai tersendiri dalam pemasyarakatan protokol kesehatan ( Prokes). Khusus di kalangan rakyat di pedesaan cara – cara sederhana yang bersentuhan dengan budaya cukup bermanfaat.

Retno Ayumi, adalah pria yang memilih budaya Melayu dalam kesehariannya. Tanah leluhurnya Deli Serdang , kota Medan sampai ke Pulau Jawa sudah dilintasinya dengan modal budaya Melayu itu.

“ Semoga berguna peran serta kita budayawan yang turut serta dalam memutus mata rantai COVID-19, “ ujarnya saat ditemui di Museum Daerah Deli Serdang.

Bagi Retno Ayumi, Prokes adalah keniscayaan. Mobilitasnya dari dan ke sejumlah daerah menuntut adanya disiplin diri dalam menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “ Warga Deli Serdang cukup aktif dalam hal ini.Buktinya kabarnya kita sudah di level 1” ujarnya

Kondisi Deli Serdang dalam pandemi COVID-19 kian berhasil dalam pemenuhan Prokes dan vaksin. berdasarkan Portal vaksin.kemkes.go.id  per tanggal 15 Septermber 2021 daerah Kabupaten Deli Serdang dikabarkan berada di Level 1.* jendaingetanbangun

 

Pos terkait