Aplikasi Eco-Enzyme sebagai Biosecurity dan Sanitasi Perkandangan pada Peternakan Kambing di Namorambe

  • Whatsapp

transbisnis.com | Deli Serdang merupakan kabupaten yang memiliki populasi terbanyak ternak domba dan kambing.

Sistem pemeliharaannya dalam kategori semi intensif sehingga dapat dikategorikan sebagai mata pencaharian beternak.

Peternakan yang dikenal sebagai usaha mandiri yaitu peternakan domba dan kambing Al-Hafidz yang beralamat di Jalan Penampungan Ujung Gang Wakaf, Kelurahan Sidirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Akan tetapi, peternakan yang telah berkembang pesat tersebut menyisakan berbagai permasalahan, yaitu pada kesehatan ternak terutama pada sanitasi/kebersihan kandang.

Permasalahan tersebut sangat penting karena dapat mempengaruhi kesehatan ternak khususnya penyakit kulit seperti scabies dan dapat menular pada peternaknya.

Selain hal tersebut harga disinfektan yang cukup mahal juga menjadi pertimbangan.

Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah dengan pembuatan disinfektan alami yang ramah lingkungan, mudah, dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Sampah dapur yang biasanya dibuang berupa kulit buah dan sayur dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan Eco-Enzime.

Bahan tersebut difermentasi dengan gula/molases dan air sehingga memiliki hasil berwarna kecoklatan dan berbau seperti tapai.

Eco Enzime sangat bermanfaat sebagai penolak serangga, lalat pembersih kandang dan peralatannya, insektisida, antiseptik atau antibakteri alami.

Eco enzime dapat berperan sebagai disinfektan alami yang mampu membunuh bakteri, jamur, lalat sehingga dapat digunakan sebagai pembersih dan pestisida alami pada proses penyemprotan kandang
Pengabdian Masyarakat yang dibiayai oleh dana Non PNBP Universitas Sumatera Utara Skim Profesor Mengabdi Nomor : 188/UN5.2.3.2.1/PPM/2021 telah dilaksanakan oleh Prof Dr Ir Hasnudi, MS.

Dengan memberikan pelatihan dan pengenalan tentang manfaat eco enzyme, dilanjutkan praktik dan aplikasi yang didampingi oleh 2 orang anggota pengabdian yaitu Peni Patriani, S.Pt, MP dan Tati Vidiana Sari S.Pt, MP, dibantu mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian yaitu Rahmad Fauji Batubara, Marta Novita Febriana N, Atiya Husnah, Syahrul Hidayat H dan Deviana Simanjuntak.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan keterampilan peternak dalam membuat Eco-Enzime dan mengaplikasikan Eco-Enzime sebagai biosecurity dan sanitasi perkandangan.

Juga meningkatkan keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi peternak dengan memanfaatkan sampah rumah tangga (kulit buah dan sampah sayur) menggunakan metode fermentasi untuk menghasilkan Eco-Enzime, yang nantinya dapat mengurangi biaya pembelian disinfektan kimia.

Selain itu juga melatih peternak agar dapat mengurangi bahan kimia dengan bahan antiseptik alami.

Pengabdian ini juga memungkinkan berkembangnya usaha ternak domba dengan peningkatan kesehatan ternak melalui Eco-Enzime sebagai obat untuk penyakit kulit pada ternak dan penggunaan aplikasi Eco-Enzime pada penyakit kulit dan scabies domba dan kambing.

Pengabdian ini juga dirangkaikan dengan pemberian paket peralatan pelatihan Eco-Enzime yaitu sprayer otomatis dan bahan pembuatan eco-enzyme.

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat telah berjalan dengan baik dan menurut pendapat peternak kegiatan ini sangat bermanfaat terutama dalam hal biosecurity perkandangan.

Pos terkait