Kesembuhan Meningkat Deli Serdang Laksanakan PTMT

  • Whatsapp
Sekdakab Deli Serdang, Darwin Zein SSos saat sosialisasi pembelajaran tatap muka terbatas di Desa Talun Kenas Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang.

transbisnis.com | Kasus yang terkonfirmasi COVID-19 di Deli Serdang menurun dan angka kesembuhan semakin meningkat. Alasan ini membuat Pemkab Deli Serdang mulai Senin (06/09/2021) melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di jenjang TK/PAUD, SD dan SMP.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di level 3 atau Zona Orange sebelumnya semakin memotivasi seluruh masyarakat tetap semangat mengawal dan mengawasi  proses belajar mengajar tersebut.

Bacaan Lainnya

Hal ini tampak ketika Sekdakab Deli Serdang, Darwin Zein SSos didampingi pejabat terkait melakukan pertemuan bersama para Kades, pihak sekolah serta masyarakat se-Kabupaten Deli Serdang.

Sejumlah masukan diperoleh dari masyarakat, bahwa meski pandemi COVID -19 belum berakhir, tetapi orang tua murid mendesak diberlakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. Menurut mereka, pembelajaran daring dipandang tidak efektif. Terjadi jarak yang cukup besar antara siswa dengan siswa serta siswa dengan gurunya.

Simulasi pelaksanaan PTMT telah dilakukan akhir Agustus 2021 sampai 1 September 2021 pada masing –  masing  jenjang TK/PAUD, SD, SMP setiap kecamatan. Nantinya, setelah dibuka PTMT akan dilakukan evaluasi  berkaitan efek samping terhadap kesehatan para siswa , guru dan perangkat sekolah. Dinas kesehatan juga memastikan setiap guru yang langsung berinteraksi dengan siswa harus sudah divaksin.

Instruksi Gubernur No. 188/54/39/INST/2021 tanggal 30 Agustus 2021 menjadi pegangan dalam pemberlakuan PTMT untuk kabupaten/kota yang tidak termasuk level 4 dan zona merah. Kegiatan ini hanya dua kali dalam seminggu dan proses kegiatan belajar mengajar maksimum dua jam dalam sehari.

“ Proses belajar mengajar akan diberlakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Pembelajaran ini juga termasuk memantau siswa saat pulang ke rumahnya, ”  ujar Sekdakab Deli Serdang, Darwin Zein SSos saat sosialisasi di Desa Talun Kenas Kecamatan  STM Hilir Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (4/9/2021). * jendaingetanbangun.

Pos terkait