Cara Bedakan Perhiasaan Cincin Titanium Asli Dan Palsu

  • Whatsapp
Cara Bedakan Perhiasaan Cincin Titanium Asli Dan Palsu
Cara Bedakan Perhiasaan Cincin Titanium Asli Dan Palsu

transbisnis.com |Cincin dari bahan titanium saat ini memang digemari banyak orang karena memiliki banyak kelebihan. Namun, kamu sebagai pembeli harus hati – hati dengan beredarnya cincin titanium palsu di pasaran.

Bagi sebagian orang yang ingin memiliki perhiasaan cincin indah tapi terbentur budget minimalis, mereka biasanya akan memilih perhiasan titanium asli sebagai pilihan terakhirnya.

Cincin titanium selama ini memang dikenal dijual dengan harga yang lebih terjangkau tapi dengan kualitas yang memukau. Bagaimana tidak, meski beratnya hanya sekitar 60% saja dari berat baja, tapi titanium ini memiliki kekuatan yang sama baiknya. Beberapa kelebihan titamium adalah memiliki sifat anti korosi dan tampilannya juga menarik.

Permintaan akan cincin titanium dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tentu saja menjadi angin segar bagi para pengrajin perhiasaan untuk memproduksi lebih banyak lagi cincin atau perhiasaan dari bahan titanium lainnya.

Sayangnya ada beberapa pihak tak bertanggungjawab yang mencoba memanfaatkan fenomena tersebut menjadi sebuah keuntungan, yaitu dengan membuat perhiasaan cincin berbahan titanium palsu.

Sebagai pembeli, kamu tentunya sangat dirugikan jika mengalami kejadian mendapatkan perhiasaan titanium palsu karena tentunya akan mudah rusak. Nah, agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan, dibawah ini akan dijelaskan cara membedakan perhiasaan cincin titanium asli dan palsu, diantaranya yaitu :

Mengujinya Dengan Magnet
Untuk bisa mengetahui apakah sebuah cincin terbuat dari bahan titanium atau bukan, kamu bisa melakukan uji coba dengan menggunakan magnet.

Titanium memiliki sifat yang sama dengan perak, dimana jika didekatkan dengan magnet maka tidak akan terjadi daya tarik menarik.

Karena itu, jika sebuah cincin memiliki reaksi jika didekatkan dengan magnet, bisa dipastikan bahwa bahan pembuatan cincin tersebut bukanlah titanium asli.

Melihat Warnanya
Untuk memastikan keaslian dari cincin titanium yang dibeli, bisa juga dilakukan dengan memperhatikan warna yang ada pada permukaannya.

Perlu diketahui bahwa logam titanium asli berwarna metalik perak berkilau namun agak gelap.

Coba ambil perhiasaan lain yang nyata – nyata terbuat dari logam titanium, jika terlihat warna yang berbeda dari yang telah disebutkan diatas, kamu perlu meragukan keaslian dari cincin tersebut.

Beratnya
Jika kamu punya koleksi cincin dari bahan perak di rumah. Kamu bisa memanfaatnya untuk mengetahui keaslian dari cincin titanium yang dibeli.

Caranya mudah, kamu hanya perlu membandingkan berat dari kedua cincin tersebut.

Jika memang cincin yang dibeli tersebut terbuat dari titanium asli, maka berat cincin perak akan kalah, dengan catatan kedua cincin memiliki ukuran sama. Hal tersebut dikarenakan sifat titanium keras, sementara sifat perak lebih lunak.

Itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keaslian cincin titanium. Selain harganya yang terjangkau, ternyata perhiasaan titanium asli memiliki sebuah hal yang membuatnya terlihat lebih unggul dibandingkan dengan logam lain.

Kenapa disebut terlihat? Disisi lain, titanium memiliki kekuatan yang sangat bagus bahkan setara dengan baja.

Hal tersebut membuat cincin dari bahan titanium jauh lebih awet dan tidak mudah berubah bentuk meski terkena goresan dengan logam lain.

Namun disisi lain terdapat kekurangan yang dimiliki titanium, yaitu sifatnya yang keras membuatnya menjadi lebih sulit dibentuk.

Karena itu, perhiasaan titanium asli biasanya memiliki desain simple. Hal tersebut dikarenakan para pengrajin perhiasaan mengalami kesulitan jika harus mendesain titanium kedalam bentuk yang rumit.

Pos terkait