Vaksinasi Ibu Hamil Upaya Masif Penanggulangan COVID-19

  • Whatsapp
Suasana Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil untuk Sumut di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Jalan Dr Mansyur Nomor 66 Medan.

transbisnis.com | Upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 secara masif di Sumut menyasar kepada para ibu hamil. Kelompok ini dinilai rentan dan beresiko tinggi apabila terinfeksi COVID-19 dan upaya pencegahan melalui vaksinasi yang usia kehamilannya antara 13 sampai 33 minggu.

Sampai saat ini yang menjadi masalah masih tingginya angka kematian ibu dan bayi. Jumlah kematian ibu di Sumut sampai bulan Juli 2021 sebanyak 119 kasus, 27 di antaranya disebabkan COVID-19. Sedangkan yang terinfeksi ada 79 orang yang tersebar di 17 Kabupaten/kota.

Bacaan Lainnya

Vaksinasi ini merupakan upaya agar ibu hamil terhindar dari penyebaran virus COVID-19. “ Namun para ibu hamil harus terus menerapkan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan , memakai masker , menjaga jarak, mengurangi perkunjungan dan mengonsumsi vitamin meskipun telah mendapatkan suntikan vaksin,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah.

Program vaksinasi COVID-19 secara masif untuk ibu hamil ditandai dengan acara Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil untuk Sumut di Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) Jalan Dr Mansyur Nomor 66 Medan, Rabu (1/9).

Respon cepat dilakukan Pemerintah Kota Medan. Jumlah ibu hamil yang menerima vaksin nantinya sebanyak 8.078 orang. Dengan vaksinasi ini diharapkan Kota Medan keluar dari PPKM level 4 dan Herd Immunity masyarakat semakin terwujud.

Data di Pemerintah Kota Medan setidaknya ada dewasa ini ada 27.140 ibu hamil. Kriteria untuk menerima vaksin usia kehamilan harus 14-33 minggu maka ada sekitar 10.124 ibu hamil yang diperbolehkan di vaksin. Namun hanya 8.078 ibu hamil yang bersedia dan berkenan untuk mendapatkan suntikan vaksin.

Sosialisasi dan pembimbingan terhadap ibu hamil soal vaksin sudah dlakukan dan sejalan dengan permintaan ibu – ibu agar anaknya dapat sekolah Tatap Muka, ujar Wali Kota Medan Bobby Nasution di sela acara tersebut.                  * (jendaingetanbangun)

Pos terkait