Dosen Muda USU Rekayasa E-Warta

  • Whatsapp
Dosen USU Medan, Dewi Sartika Br Ginting S.Kom, M.Kom sedang menjelaskan e-warta.

transbisnis.com | Mendukung program kerja di era normal (Pandemi COVID-19) dosen muda Universitas Sumatera Utara (USU) Medan merekayasa aplikasi e-warta berbasis android sebagai media informasi di GBKP Runggun Semeimei Batu, Sabtu, (28/08/2021).

Aplikasi e-warta berbasis android sebagai media informasi kelompok masyarakat di GBKP Runggun Semeimei Batu dalam mendukung program kerja di era normal (Pandemi COVID-19). Nantinya, seluruh warga dapat terhubung ke e-warta dengan upload aplikasi secara gratis. Kontak fisik serta cetak kertas yang sebelumnya berlaku akan diganti dengan e-warta.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, aplikasi e-warta menjadi alternatif semasa pandemi COVID-19. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta penerapan Prokes. Kondisi inilah memotivasi dosen muda USU melakukan rekeyasa digital tersebut.

Saat sesi launching dan pelatihan aplikasi e-warta, diperlihatkan kemudahan manakala aplikasi itu digunakan. Setiap orang nantinya akan terhindari dari kontak fisik karena digitalisasi media yang dimanfaatkan.

Fitur – fitur yang dicobakan memberi kemudahan tukar menukar informasi internal serta pengaturan tata ibadah di gereja. Selain ramah dalam penggunaan , aplikasi sederhana ini juga terhubung dengan youtube.

Bahkan , entri data seputar pesan – pesan lain diluar kegiatan kerohanian dapat dilakukan dan di-share pada aplikasi. Semisal, informasi tentang protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 dengan mengampanyekan penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dalam kerumunan atau kebijakan lainnya.

Ketiga dosen yang masuk dalam tim ini, Dewi Sartika Br Ginting S.Kom,M.Kom, T Henny Febriana Harumy S.Kom,M.Kom dan Niskarto Zendrato S.Kom,M.Kom, melaksanakan digitalisasi tersebut sekaitan dengan pengabdian masyarakat mono tahun dosen Muda USU Medan.

Acara dilakukan terbatas dengan Prokes yang ketat diisi dengan tanya – jawab seputar aplikasi e-warta. Tampak hadir Ketua Runggun GBKP Semeimei Batu, Dk. Drs Jenda Bangun, Sekretaris Karyaman Tarigan , Pdt Dikky Kristian Sitepu,S.Si,MM, umat GBKP dan sejumlah mahasiswa USU lainnya .

Usai launching dan pelatihan aplikasi e-warta, dilakukan penandatanganan serah terima seperangkat laptop dan berakhirnya pengabdian dosen muda itu. (JB)

Pos terkait