Bobby : BOR Khusus Pasien Covid di Medan Meningkat 50,1 Persen

  • Whatsapp

transbisnis.com, MEDAN Jumlah Bed Occupancy Rate (BOR) atau tempat tidur khusus pasien Covid-19 di rumah sakit di Medan meningkat hingga 50,01 persen dari sebelumnya 37 persen.

“Berdasarkan data, di Kota Medan saat ini ada peningkatan BOR di setiap rumah sakit. Seperti di RS Hermina, peningkatan BOR mencapai 76 persen,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution, Sabtu (17/7/2021).

Bacaan Lainnya

Namun demikian, kata Bobby, ia telah meminta rumah sakit di Kota Medan agar menambah BOR khusus pasien Covid-19.

“Sesuai aturan, masing-masing rumah sakit harus menyediakan BOR sebesar 30 persen dari jumlah tempat tidur yang ada,” terangnya.

Menurutnya, penambahan BOR guna mengantisipasi adanya peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Saat ini tambah Bobby, masih terdapat rumah sakit yang ketersediaan BOR belum mencapai 30 persen,

Bahkan ada juga rumah sakit yang menutup tempat tidur untuk pasien Covid-19 dan dialihkan lagi untuk pasien umum.

“Tentunya ini sangat disayangkan karena seharusnya BOR di setiap rumah sakit bertambah ini malah berkurang. Pemko Medan terus mendorong agar rumah sakit menyediakan tempat tidur bagi pasien Covid-19 berdasarkan aturan yakni 30 persen,” ucapnya.

Seperti diungkapkan, Bobby sebelumnya selama PPKM Darurat, jumlah masyarakat di Medan yang terpapar positif Covid-19 mengalami lonjakan.

Bahkan akibat terjadi lonjakan tersebut, PPKM Darurat di Medan yang dimulai pada Senin 12 Juli dan seyogyanya berakhir 20 Juli 2021 akan diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang.

Pos terkait