Ingat! Mulai 12 Juli PPKM Darurat Berlaku di 15 Kab/Kota

  • Whatsapp

transbisnis.com, JAKARTA Mulai 12 Juli atau Senin, Pemerintah resmi berlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di 15 Kabupaten/Kota di luar Jawa – Bali.

“Pemerintah dorong beberapa daerah untuk berlakukan PPKM darurat. Penerapan aturan itu akan berlaku pada 12 Juli atau Senin pekan depan,” ujar Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers, Jumat (9/7/2021) petang.

Bacaan Lainnya

Ke 15 daerah tersebut di antaranya

– Sumatera Barat

Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Padang.

– Kepulauan Riau

Kota Tanjung Pinang, Kota Batam.

– Lampung

Kota Bandar Lampung.

– Sumatera Utara

Kota Medan.

– Kalimantan Timur

Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Berau.

– Kalimantan Barat

Kota Singkawang, Kota Pontianak.

– Papua Barat

Kabupaten Manokwari, Kota Sorong.

– Nusa Tenggara Barat

Kota Mataram

Keputusan itu diumumkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers yang juga dihadiri Menteri Kesehatan, Mendagri, dan Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Covid-19.

Diketahui, PPKM Darurat ini telah lebih dulu diberlakukan dipulau Jawa – Bali mulai 3 hingga 20 Juli mendatang.

Meski demikian, sejumlah dorongan juga disampaikan berbagai pihak agar PPKM Darurat diberlakukan hingga di luar Pulau Jawa – Bali.

Seperti halnya disampaikan Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban yang mendorong PPKM Darurat diperluas mengingat lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia terus terjadi.

Zubairi menilai positivity rate Indonesia yang tak kunjung di bawah 5 persen menunjukkan bahwa sejatinya sebaran Covid-19 sudah merebak tak hanya di Jawa – Bali, melainkan di luar dua pulau itu.

Positivity rate adalah perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

Bahkan apabila dilihat dari sebaran kasus Covid-19 akhir-akhir ini, 10 besar tertinggi juga kerap disumbang oleh sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan. (son)

Pos terkait