Ruang Publik Rawan Kerumunan Sasaran Patroli Prokes PPKM Medan

  • Whatsapp
Petugas patroli membagikan masker kepada warga.

transbisnis.com | Patroli Protokol Kesehatan (Prokes) dalam upaya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kota Medan ,Kamis (27/6) menyasar ruang publik yang rawan terjadinya kerumunan.Satgas Covid-19 awalnya menuju pasar tradisional Kapuas di Jalan Jawa, Kecamatan Medan Belawan.

Petugas gabungan terdiri dari Satpol PP, TNI-POLRI, Dishub, Dinas Kominfo dan BPBD serta Kecamatan Medan Belawan dipimpin Camat Subhan Fajri Harahap SSTP MAP.
Petugas mengimbau parapedagang maupun pembeli mematuhi Prokes dengan menggunakan masker dan menjaga jarak saat sedang berada di tempat tersebut.

Bacaan Lainnya

Hasil Patroli Prokes dan pemantauan PPKM Mikro, puluhan warga didapati petugas tidak memakai masker. Sebagai upaya efek jera dan meningkatkan kesadaran warga tersebut dikenakan sanksi fisik berupa push up. Kemudian petugas membagikan masker dan mengingatkan disiplin menerapkan Prokes.

” Sangat disayangkan masih banyak masyarakat tidak menggunakan masker. Tentunya kami tidak bosan memberikan edukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya disiplin menerapkan Prokes,” kata Camat Medan Belawan.

Berdasarkan data dari Puskesmas, di Medan Belawan masyarakat yang terpapar Virus COVID-19 sebanyak 21 orang.Angka ini cukup tinggi pasca Lebaran. Untuk itu pihaknya terus menghimbau warga tetap disiplin mematuhi Prokes di tengah kondisi Pandemi dengan tetap menerapkan 5 M, jika beraktifitas selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.” Jika masyarakat Disiplin, saya optimiskita dapat menekan angka penyebaran COVID-19 di Kota Medan”, ujarnya.(jb)

Pos terkait