Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Anda

  • Whatsapp
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Anda

transbisnis.com | Manfaat Puasa bagi kesehatan tubuh anda, apakah Anda sering melakukan puasa? Jika iya, banyak manfaat puasa, lo, yang bisa Anda dapatkan.

Beberapa manfaat puasa adalah gula darah lebih terkontrol kesehatan jantung terjaga, meredakan peradangan, memperlambat penuaan, serta menurunkan berat badan.

Bacaan Lainnya

Memperlambat penuaan
Sebuah penelitian yang menggunakan hewan percobaan menunjukkan, puasa mampu memperlambat proses penuaan.

Sebanyak 83% hewan yang digunakan dalam penelitian bahkan bisa hidup lebih lama dari hewan lain yang tak puasa.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lain untuk membuktikan hal itu pada manusia.

Gula darah lebih terkontrol
Puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah dalam tubuh sehingga cocok bagi penderita diabetes secara rutin.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pasien diabetes menunjukkan, gula darahnya berkurang setelah melakukan intermittent fasting dalam waktu singkat.

Mengutip dari Healthline, puasa juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga distribusi glukosa ke sel-sel menjadi lebih efektif. Meski demikian, laki-laki dan wanita mengalami efek puasa yang berbeda.

Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter jika ingin mencoba puasa.

Meredakan inflamasi
Sebenarnya, inflamasi atau peradangan merupakan hal normal yang dilakukan tubuh untuk melawan infeksi.

Namun, saat peradangan terjadi secara berlebihan, hal itu bisa membahayakan kesehatan. Inflamasi parah bisa jadi tanda penyakit kronis, seperti sakit jantung atau kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan, puasa bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi inflamasi sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga.

Sebuah studi yang melibatkan 50 orang dewasa sehat memperlihatkan, tingkat inflamasi berkurang setelah melakukan intermittent fasting selama sebulan.

Menjaga kesehatan jantung
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan puasa secara rutin. Beberapa manfaat puasa yang baik untuk kesehatan jantung adalah menurunkan jumlah kolesterol jahat, tekanan darah, dan trigliserida.

Menurunkan berat badan
Puasa juga bisa menurunkan berat badan Anda. Intermittent fasting dalam waktu singkat mampu meningkatkan jumlah neurotransmitter norepinephrine sehingga metabolisme meningkat. Dengan begitu, berat badan Anda bisa berkurang.

Tak hanya itu, puasa juga bisa membuat asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda terbatas.

Hasilnya, lemak dalam tubuh berkurang dan jaringan otot menjadi terjaga. Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif, tak ada salahnya untuk mencoba berpuasa.

 

Pos terkait