Analis Pasar | Pergerakan IHSG Masih Relatif Menguat

  • Whatsapp
Pembelian bersih Saham Terbesar Asing Sepanjang 2020
Pembelian bersih Saham Terbesar Asing Sepanjang 2020

transbisnis.com | JAKARTA – Analis Pasar dari MNC Sekuritas Aqil Triyadi menjelaskan penguatan tersebut didorong dari pergerakan bursa Asia yang kompak menguat, ditambah harga komoditas yang menguat seperti kenaikan emas, minyak WTI, dan nikel.

IHSG juga masih berpeluang untuk melanjutkan penguatannya seiring dengan telah tertembusnya level resistence 6.315.

Bacaan Lainnya

Kemudian, pergerakan IHSG hari ini dinilai juga masih akan dipengaruhi oleh pergerakan bursa global dan harga komoditas.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 1,55% di level 6.338,51 pada perdagangan Senin (1/3).

Analis pasar MNC Sekuritas memperkirakan pergerakan IHSG masih relatif menguat sambil menunggu rilis data dari umemployment rate Japan, total vechicle sales Amerika Serikat, dan PMI manufacturing Korea Selatan.

Perdagangan hari ini, IHSG diproyeksikan bergerak dengan rentang support 6.209 – 6.184 dan resistance 6.350 – 6.382.

MNC Sekuritas merekomendasikan pelaku pasar untuk memperhatikan saham-saham yang dinilai cukup menarik seperti PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) dengan support di Rp 240 dan resistance Rp 26.

PT Astra International Tbk (ASII) dengan support Rp 5.450 dan resistance Rp 5.950, serta saham PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) dengan support Rp 270 dan resistance Rp 294.

Senada, Analis Philip Sekuritas Indonesia, Anugerah Zamzami Nasr memperkirakan IHSG besok masih akan menguat. “IHSG akan bergerak menguat di rentang support resistance 6.235 – 6.390,” imbuhnya.

Menurutnya, data-data makro dari AS dan Eropa nanti malam dan besok juga menjadi perhatian.

Secara teknikal, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance minimum berada pada 6.256,03 hingga 6.351,18.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic dan RSI masih menunjukkan sinyal positif. Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat.

Philip Sekuritas Indonesia merekomendasikan, saham-saham yang menarik untuk diperhatikan besok yakni, TLKM, EXCL, BBRI, dan BBTN.

Sementara, Binaartha Sekuritas merekomendasikan TINS, HOKI, INTP, ACES, AKRA, dan KRAS.(kontan)

Pos terkait