Melirik Peluang Bisnis Makanan Sehat

  • Whatsapp
Dilarang Makan Makanan Ini Sebelum Tidur, Kenapa Ya?

transbisnis.com | JAKARTA – Melirik bisnis makanan sehat yang dimulai dari berolahraga hingga mengonsumsi makanan sehat, termasuk untuk keperluan diet.

Hidup sehat kini sudah menjadi gaya hidup banyak orang.Peluang inilah yang coba ditangkap oleh Damian Pius Susanto, pemilik Fit Bite asal Semarang, Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

Kebetulan, sebelum terjun ke bisnis makanan sehat tiga tahun lalu, dia termasuk yang peduli dengan kesehatan lewat olahraga rutin.

Selain itu, menurut Pius, banyak orang yang salah sangka dengan makanan sehat. Seolah-olah makanan sehat hanya bagi yang ingin diet saja.

“Makanan sehat juga bagi yang ingin menjaga kesehatan dengan pola makan. Misalnya, seseorang yang ingin menjaga gula darah atau tekanan darah” katanya.

Dalam membuat menu dan makanan sehat yang dia jajakan, Pius sebelumnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi dan dokter.

Tujuannya adalah, agar makanan sehat yang tersaji sudah sesuai anjuran dari ahli gizi serta dokter.

Hasilnya, Fit Bite sudah bisa menyediakan beragam makanan sehat. Mulai dari makanan sehat harian untuk sarapan atau makan siang dan sejenisnya, hingga makanan sehat beku yang terbuat dari daging sapi, ayam, serta ikan.

Selain itu ada juga camilan seperti roti yang terbuat dari bahan-bahan menyehatkan dan minuman sehat.

Harga paket katering makanan sehat Fit Bite beragam. Contoh, paket fat loss Pius banderol dengan harga Rp 120.000-Rp 140.000 per hari, yang terdiri dari makan siang, makan malam, dua camilan, dan satu buah.

Untuk produk camilan Fit Bite, banderol harganya Rp 20.000-Rp 65.000 per porsi. Lalu, harga produk makanan beku Rp 80.000-Rp 300.000 untuk tiap bungkus.

Untuk layanan katering sehat, Fit Bite baru melayani pelanggan di wilayah Semarang saja. Namun, produk makanan beku mereka sudah menjangkau Bandung dan Jakarta.
Sebelum pandemi virus korona, Fit Bite sanggup memasak 60-70 paket.

Tapi, di awal pandemi, pemesanan anjlok hingga 50%. Hanya, enam bulan terakhir, penjualan Fit Bite meningkat menjadi 80%-90% dibanding sebelum pandemi.

Melihat laju bisnis yang menanjak, Pius pun menargetkan penjualan Fit Bite minimal bisa kembali 100% seperti sebelum pandemi.

Untuk bisa mencapai target tersebut, ia akan membuat promo paket bundling makanan dan minuman sehat. Dan dalam waktu dekat, siap merilis menu sehat khusus vegetarian.

Sedang jika pandemi virus korona sudah mereda, Pius akan ekspansi ke luar Semarang. Targetnya adalah menyasar Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta.

Konsultan usaha dari DK Consulting Djoko Kurniawan menilai, usaha katering makanan sehat memang sudah ada pasarnya, yakni dari kalangan menengah atas.

Sekarang, tinggal bagaimana para pelaku usaha di bisnis ini mengomunikasikan produk katering makanan sehat jadi tepat sasaran.

Pos terkait