Harga Minyak Mentah Brent Turun 0,24%

  • Whatsapp
Harga Minyak Turun di Perdagangan Perdana Tahun 2021
Harga Minyak Turun di Perdagangan Perdana Tahun 2021

transbisnis.com | JAKARTA – Harga minyak mentah Brent untuk April turun 0,24% menjadi menetap di $ 66,88 per barel.

Di awal sesi, kontrak diperdagangkan setinggi US$ 67,70, level tertinggi sejak Januari 2020.

Bacaan Lainnya

Harga minyak tetap mendekati level tertinggi 13 bulan pada hari Kamis (25/2).

Dengan aksi ambil untung dibatasi oleh jaminan bahwa suku bunga AS akan tetap rendah dan penurunan tajam produksi minyak mentah AS minggu lalu karena badai di Texas.

Sementara, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,49% menjadi US$ 63,53 per barel, setelah mencapai level tertinggi US$ 63,81 per barel di awal sesi, level tertinggi sejak Januari 2020.

Tamas Varga, analis di PVM Oil Associates, mengatakan penurunan tersebut sebagian karena aksi ambil untung setelah reli tiga hari.

Kepastian dari Federal Reserve bahwa suku bunga akan tetap rendah untuk sementara waktu melemahkan dolar AS, sekaligus meningkatkan selera risiko investor dan pasar saham global.

Badai musim dingin di Texas menyebabkan produksi minyak mentah AS turun lebih dari 10% atau 1 juta barel per hari (bpd) minggu lalu, kata Energy Information Administration (EIA).

Pasokan bahan bakar di konsumen minyak terbesar dunia juga dapat diperketat karena input minyak mentah kilangnya telah turun ke level terendah sejak September 2008, data EIA menunjukkan.

Analis ING mengatakan, stok minyak mentah AS bisa naik dalam beberapa minggu ke depan karena produksi telah pulih cukup cepat dan sementara kapasitas kilang diperkirakan membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali normal.

“Namun, kami tetap berhati-hati dalam waktu dekat untuk mengurangi dukungan OPEC +, risiko dari varian Covid-19 yang lebih dapat ditularkan dan peningkatan posisi,” kata Barclays.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, akan bertemu pada 4 Maret.

Pos terkait