Awas! Minuman Ini Bisa Berakibat Buruk Bagi Tubuh

  • Whatsapp
Minum Kopi Berkhasiat Menurunkan Kadar Asam Urat
Minum Kopi Berkhasiat Menurunkan Kadar Asam Urat

transbisnis.com | Minuman ini bisa berakibat buruk bagi tubuh di manaa sama seperti makanan, minuman juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan.

Banyak minuman yang bila dikonsumsi terus-menerus dapat memicu penyakit serius.

Bahkan beberapa di antara minuman tersebut sering kali dianggap baik untuk tubuh.

Padahal nyatanya tidak demikian. Berikut daftar minuman yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

1 Minuman berenergi

Saat merasa lesu, beberapa orang memilih minum minuman berenergi agar kembali bersemangat. Akan tetapi, minuman berenergi mengandung kafein yang tinggi.

Dalam jangka panjang, kafein dalam jumlah tinggi malah dapat membuat kelelahan semakin parah. Selain itu, kafein juga berdampak negatif pada kualitas tidur.

Dampak lainnya, kafein menghambat produksi kolagen di kulit sehingga menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan lebih banyak keriput.

2 Minuman berprotein

Sehabis berolahraga, ada orang yang senang minum protein shake atau minuman berprotein.

Tapi ternyata, hal itu malah bisa lebih berbahaya bagi tubuh.

Celine Beitchman, MS, direktur nutrisi di Institute of Culinary Education menjelaskan, kebanyakan orang sudah mendapatkan banyak protein dari makanannya. Minum protein shake dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi protein secara berlebihan setiap hari.

Hal itu membuat ginjal bekerja terlalu keras. Tak hanya itu, konsumsi protein berlebihan juga dapat menyebabkan penyimpanan lemak berlebih. Akibatnya terjadi penambahan berat badan.

3 Soda berwarna gelap

Soda termasuk minuman yang kandungannya buruk untuk kesehatan. Namun, minum soda yang berwarna gelap bisa jadi lebih membahayakan.

Menurut ahli gizi Megan Wong, RD, soda berwarna gelap mengandung asam fosfat.

Mengonsumsi terlalu banyak asam fosfat dapat menyebabkan tulang kehilangan kalsium.

Ada penelitian yang mengaitkan asupan minuman ringan seperti soda dengan penurunan kepadatan mineral tulang. Kondisi ini menyebabkan risiko patah tulang jauh lebih tinggi.

4. Seltzer dengan sodium

Minuman seltzer mengandung sedikit nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi itu hanya minuman seltzer yang tanpa rasa. Apabila seltzer mengandung sodium, maka dapat menyebabkan konsekuensi serius bagi kesehatan.

Sodium meningkatkan risiko hipertensi dan stroke. Jadi periksa label minuman sebelum minum seltzer.

Pilihlah yang tidak mengandung sodium. Kalaupun ada, pilih yang kandungannya paling sedikit.

5. Jus buah

Banyak orang salah mengartikan jus buah sebagai minuman sehat. Padahal jus buah malah bisa mendatangkan masalah kesehatan bila ditambah pemanis. Umumnya jus buah tinggi kalori dan gula.

Selain itu, bentuknya yang cair membuat jus buah melewati sebagian besar proses pencernaan. Gula dalam jus buah akan diserap langsung ke aliran darah.

Akibatnya terjadi lonjakan gula darah yang pada gilirannya dapat menyebabkan resistensi insulin.

6. Teh manis

Jenis teh tertentu bisa menjadi sumber antioksi dan yang menyehatkan. Namun, menambahkan gula membuat teh memiliki efek yang bisa mengganggu kesehatan. Teh manis dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah tidur.

Gula dalam teh manis juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, satu artikel tahun 2015 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menemukan, minum teh dalam jumlah besar dapat menyebabkan gagal ginjal.

Ini karena konsumsi oksalat yang berlebihan. Oksalat adalah asam organik yang terdapat pada teh.

Baca Juga: 7 Risiko kesehatan di balik segarnya minuman bersoda

7. Kopi manis

Tidak semua orang suka dengan kopi hitam. Beberapa memilih menambahkan pemanis saat minum kopi. Sama seperti minuman manis lainnya, minum kopi manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Selain itu, kopi manis juga tinggi kalori.(kompas)

Pos terkait