Harga Emas Spot Naik 0,5% Lepas Tengah Hari

  • Whatsapp
Penguatan Harga Emas Spot Masih Berlanjut
Penguatan Harga Emas Spot Masih Berlanjut

transbisnis.com | JAKARTA – Pada perdagangan Senin (22/2) pukul 14.30 WIB, harga emas spot naik 0,5% menjadi US$ 1.791,50 per ons troi.

Pada sesi sebelumnya, harga emas sempat menyentuh level terendah sejak 2 Juli di US$ 1.759,29 per ons troi.

Bacaan Lainnya

Harga emas naik pada hari perdagangan hari ini setelah mencapai level terendah lebih dari tujuh bulan di sesi sebelumnya.

Penguatan emas terjadi usai dolar Amerika Serikat (AS) melemah dan menutupi tekanan yang berasal dari penguatan yield US Treasury.

Harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman April 2021 naik 0,6% menjadi US$ 1.787,70 per ons troi.

“Pelemahan dolar membantu meredakan tekanan yang berasal dari kenaikan yield US Treasury,” kata Howie Lee, ekonom di OCBC Bank.

Dia menambahkan, saat ini emas ada di tempat yang aneh, karena jelas ada kebutuhan aset lindung nilai terhadap inflasi, tetapi penguatan sentimen risiko telah menekan emas juga.

Seperti diketahui, dolar AS berada di posisi terendah dalam beberapa tahun terakhir khususnya terhadap sterling dan mata uang saingan.

Tetapi di saat yang sama, imbal hasil Treasury AS mencapai titik tertinggi hampir satu tahun.

Terlepas dari bantuan Covid-19 senilai US$ 1,9 triliun yang akan digelontorkan pemerintah AS, investor lebih menanti pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell di Kongres pada Selasa (23/2).

Pos terkait