Bonsai Putri Malu Gegerkan Dunia Tanaman Hias

  • Whatsapp

transbisnis.com | Baru-baru ini dunia tanaman hias bonsai tengah digegerkan dengan kehadiran bonsai putri malu. Ide ini berawal dari sebuah channel Youtube yang mengupload koleksi bonsai putri malu miliknya.

Tapi bukan dari channel Youtube Sarjana Bonsai ya sob. Jenis pohon bonsai ini tergolong unik, lantaran seringkali kita mengabaikan keberadaannya.

Bacaan Lainnya

Dengan ide yang tergolong unik ini, akhirnya video tersebut mendapatkan banyak respon dari berbagai kalangan pecinta seni bonsai. Saya juga turut mengapresiasi atas kreatifitas beliau pada artikel kali ini.

Bahkan saya juga pernah mengabadikan orang yang sedang berburu putri malu di pinggir jalan. Ini merupakan salah satu efek viralnya bonsai putri malu di masyarakat, berikut ini videonya.

Namun terlepas dari sebuah ide kreatif yang viral tersebut, ternyata bonsai putri malu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk itulah saya akhirnya mengangkat topik ini.

Bonsai Putri Malu Booming

Sekarang saya akan mengulas terkait pohon putri malu ini dan apa saja manfaatnya. Mungkin saja setelah mengenal manfaatnya, kita tidak lagi memandang pohon putri malu ini hanya dengan sebelah mata saja.

Pohon putri malu ini memiliki nama latin Mimosa pudica, yaitu pohon perdu jenis polong-polongan yang memiliki ciri khas akan menutup daunnya jika terkena sentuhan (kuncup).

Berbeda dengan jenis pohon polong-polongan yang lainnya, pohon putri malu ini menutup daunnya hanya sementara saja. Karena setelah beberapa menit akan membuka kembali daunnya. Inilah yang mebedakan pohon putri malu dengan jenis polong yang lain.

Dimana Habitat Aslinya?

Tumbuhan putri malu diketahui berawal dari daerah Amerika Selatan atau lebih persisnya ada di Negara Brazil. Menurut sejarahnya Mimosa pudica linn telah ada serta dikenalkan pada tahun 1804 silam.

Namun untuk saat ini tumbuhan putri malu banyak menyebar luas serta berkembang biak di sejumlah Negara, terutama sangat banyak ada di teritori Asia, karena di daerah ini tumbuhan putri malu bisa tumbuh subur lantaran sesuai dengan sifat habitat aslinya.

Putri malu dapat tumbuh secara baik didaerah yang mempunyai atau iklim tropis, Anda juga dapat menemukan tanaman liar ini hidup pada ketinggian 1 sampai 1200 meter di atas permukaan air laut.

Tanaman ini dapat tumbuh dalam keadaan tanah yang lembab sampai tanah gersang. Putri malu bisa berkembang biak lewat bijinya, serta yang antik lagi ialah putri malu bisa berkembang biak tanpa mengenal musim.

Kenapa Pohon Putri Malu Dijadikan Bonsai?

Memang pohon ini kerap sekali disebut sebagai hama oleh sebagian petani, lantaran kehadirannya dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang mereka tanam.

Tetapi jika melihatnya dari sisi manfaat yang bisa dihasilkan dari tanaman ini, maka akan menimbulkan hasrat untuk menjadikannya sebagai tanaman bonsai.

Jadi pohon putri malu ini bisa dijadikan bonsai untuk membantu kita dalam mengobati berbagai jenis penyakit, atau dengan kata lain sebagai tanaman herbal.

Pos terkait