Dana Desa Sokong Perekonomian Desa Di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
Tahun Depan, Dana Desa Fokus untuk SDGs
Ilustrasi dana desa[net]

transbisnis.com | JAKARTA – Pihak LPEM FEB UI (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia) bersama Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI melakukan evaluasi cepat atau rapid assesment, tepat dan relatif akurat terkait dampak Dana Desa terhadap pemulihan ekonomi masyarakat desa di masa pandemi Covid-19

Dikutip dari siaran pers LPEM FEB UI yang diterima Kontan.co.id pada Senin (25/1), hasil estimasi ekonometrika menunjukkan bahwa, Dana Desa berkorelasi atau berasosiasi positif bagi peningkatan aktivitas ekonomi desa.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktifitas ekonomi atau adanya cahaya malam hari.

Sementara itu, Covid-19 berdampak besar pada perekonomian di wilayah perkotaan dibandingkan di wilayah pedesaan. Perekonomian pedesaan masih mengalami peningkatan aktivitas ekonomi saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Anggaran Kemenhub dipangkas sebesar Rp 12,44 triliun untuk vaksinasi

Terkait pengaruh Dana Desa sendiri diperoleh hasil yang bervariasi antar daerah. Hasil yang cenderung lebih kuat terjadi pada desa-desa yang memiliki infrastruktur penunjang lain yang baik. Hal tersebut dinilai, memunculkan potensi isu ketimpangan yang lebih tinggi di masa depan antara desa yang maju dibandingkan desa yang tertinggal.

Kemudian hasil analisa di level Kabupaten Bogor, pemberian bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa mengindikasikan dampak positif terhadap perekonomian Kabupaten Bogor.

Adapun alokasi Dana Desa untuk BLT Dana Desa bagi penanggulangan dampak Covid-19 juga diapresiasi oleh Aparatur Desa, karena dapat digunakan untuk melakukan mitigasi dampak negatif Covid-19 dengan cepat dan tepat.

Hasil analisa tersebut diperoleh menggunakan data cahaya lampu malam hari sebagai proxy untuk mengukur kesejahteraan dan perekonomian masyarakat desa.

Inovasi penggunaan data cahaya lampu malam hari (nightlight) mampu mengatasi keterbatasan, ketersediaan data ekonomi tingkat desa yang real-time. Analisa dilakukan Tim LPEM FEB UI dari dua level, yaitu seluruh desa di tingkat nasional dan di tingkat Kabupaten Bogor.

Pos terkait