Cara Ampuh Menilangkan Komedo di Wajah Anda

  • Whatsapp
Cara Ampuh Menilangkan Komedo di Wajah Anda
Cara Ampuh Menilangkan Komedo di Wajah Anda

transbisnis.com | Cara Ampuh Menilangkan Komedo di Wajah Anda di mana Komedo adalah gumpalan massa sebum yang muncul ke permukaan kulit. Ketika pori-pori tersumbat dan menutup, itu dikenal sebagai whitehead atau bintik putih.

Sementara ketika bagian atas tetap terbuka, membentuk komedo. Komedo terbentuk karena adanya produksi kelenjar minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Warna hitam muncul karena adanya oksidasi ketika bersentuhan dengan udara.

Bacaan Lainnya

Seringkali kita gemas dan ingin menghilangkan komedo yang muncul di wajah.

Cara menghilangkan komedo

Berikut 8 cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan komedo dikutip dari Healthline:

1. Cuci wajah dua kali sehari dan setelah olahraga

Sebaiknya cuci muka bahkan di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel di wajah pada malam hari.

Berhati-hatilah untuk tidak mencuci wajah secara berlebihan karena dapat mengikis kelembaban kulit yang justru membuat wajah kembali memproduksi minyak berlebih sebagai kompensasinya.

Pastikan juga untuk mencuci sarung bantal secara teratur.

2. Uapi wajah

Coba uapi wajah yang berfungsi membuka pori-pori kulit. Caranya dengan menempatkan wajah di atas baskom berisi air mendidih.

Kemudian tutup kepala sekaligus baskom menggunakan handuk agar seluruh uap bisa langsung mengenai wajah. Saat pori-pori wajah terbuka, maka akan lebih mudah untuk membersihkan komedo.

3. Gunakan tabir surya bebas minyak

Tabir surya merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan untuk mencegah kulit terpapar sinar UVA dan UVB.

Meski demikian, untuk kulit yang berkomedo disarankan menggunakan tabir surya yang mengandung kadar minyak sedikit atau bahkan tidak memiliki kandungan minyak. Sehingga, tidak menyumbat pori-pori wajah yang berpotensi menimbulkan komedo.

4. Eksfoliasi

Gunakan eksfoliator yang mengandung asam hidroksi alfa dan beta (AHA dan BHA). Ini adalah asam lembut yang membantu mengangkat sel kulit mati. Produk tersebut juga bisa membuat produk perawatan muka lainnya bisa bekerja lebih efektif.

Meski demikian, AHA dan BHA bisa mengikis lapisan kulit sehingga kulit menjadi lebih rentan terhadap sinar UVA dan UVB. Jadi, jangan lupa gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

5. Gunakan clay mask

Clay mask merupakan masker yang mampu mengangkat kotoran dan debu, juga menyerap minyak berlebih pada wajah.

Masker yang dibuat dengan bahan dasar tanah liat atau lumpur ini juga bisa membantu melonggarkan atau bahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat.

Clay mask pun saat ini sudah mudah didapatkan di toko-toko kosmetik maupun apotek.

6. Gunakan charcoal mask

Saat ini banyak produk menggunakan bahan baku charcoal atau arang lantaran bahan tersebut merupakan detoxifier yang bagus. Bahan tersebut dapat membantu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Kini, masker ataupun produk berbahan dasar charcoal pun sudah banyak ditemukan di toko kosmetik maupun apotek.

Meski demikian, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, menggunakan campuran tanah liat bentonit, bubuk arang aktif, madu, atau bisa menggunakan air biasa.

7. Coba retinoid topikal

Retinoid topikal berasal dari vitamin A, dan telah terbukti untuk mengobati jerawat. Produk dengan bahan ini tersedia di konter atau dalam bentuk resep.

Bahan ini dapat memengaruhi pertumbuhan sel-sel kulit dengan membuat lapisan kulit mengelupas seperti peeling, sehingga membuka pori-pori kulit yang tersumbat.

Perlu dicatat bahwa wanita hamil disarankan untuk menghindari produk berbahan ini karena jumlah yang berlebihan dapat mengganggu perkembangan janin.

Bagi wanita hamil dapat mencoba menggunakan bakuchiol atau minyak rosehip sebagai pengganti retinol untuk efek serupa.

8. Oleskan gel asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu melarutkan keratin yang menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo. Bahan ini juga merupakan exfoliator yang efektif.

Tapi gunakan hanya di area wajah yang terdapat komedo sebab menggunakannya di seluruh tubuh dapat menyebabkan keracunan salisilat.

Cara mencegah komedo

1. Jangan sering berganti produk perawatan wajah

Mencoba terlalu banyak produk perawatan wajah sekaligus bisa menimbulkan komedo di wajah.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembab karena kulit yang terlalu kering memicu produksi minyak berlebih di wajah dan berisiko menimbulkan komedo.

2. Hindari benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah bahan umum dan efektif yang ditemukan dalam banyak obat jerawat yang dijual bebas.

Bahan ini merupakan anti-inflamasi artinya membantu meredakan jerawat yang meradang. Meski demikian, komedo tidak dianggap sebagai peradangan jerawat sehingga benzoil peroksida tidak akan memiliki efek yang nyata.

3. Jangan memencet komedo

Memencet komedo untuk menghilangkannya tidak disarankan dilakukan sendiri di rumah.

Hal itu sebaiknya dilakukan oleh para profesional lantaran mereka memiliki alat yang tepat dan bersih.

Mencoba memencet, atau mengeluarkan komedo di hidung sendiri tanpa bantuan profesional dapat menghasilkan kemerahan, iritasi, atau jaringan parut permanen.

Pos terkait