LPPM USU Rancang Website BUMDes Tingkatkan Potensi Warga Desa Liang Pematang

  • Whatsapp

transbisnis.com | DELISERDANG – Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat Program Dosen Mengabdi LPPM USU yang diketuai oleh Dr. Syahril Efendi, S.Si.,MIT bersama anggota yang terdiri dari Prof.Dr.rer.nat. Effendy De Lux Putra, SU., Apt , Destanul Aulia,SKM, MBA, MEc, Ph.D , Henny Sri Wahyuni, S.Farm., M.Si., Apt, dan Bayu Eko Prasetyo, S.Farm., M.Sc., Apt.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Liang Pematang yaitu berupa pemberian materi dan pembuatan website mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pengelolaan BUMDes (badan usaha milik desa) di BUMDes Perjuangan Desa Liang Pematang.

Desa Liang Pematang secara geografis merupakan desa pegunungan yang terpingir yang berbatasan dengan kabupaten Karo, memiliki lahan yang cukup luas dan subur untuk pertanian dan objek wisata yang belum terkelola dengan baik.

Belum adanya kegiatan administratif yang baik terkait pengelolaan BUMDes menyebabkan kurang majunya BUMDes, apalagi SDM yang dimiliki BUMDes Perjuangan Desa Liang Pematang gagap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Padahal dengan potensi desa yang dimiliki Desa Liang Pematang dengan adanya dua kelompok tani yang dimiliki dapat dengan cepat memacu perekonomian Desa.

Sehingga berdasarkan permasalahan tersebut maka tim pengabdian melakukan kegiatan pengabdian berupa pemberian pengetahuan dasar TIK dan manajemen BUMDes dengan cara workshop dan pendampingan bagi pengurus BUMDes dan dua kelompok tani serta perangkat desa.

Tim pengabdian merancang dan membuat sebuah website BUMDes sebagai salah satu cara dalam meningkatkan potensi yang ada pada Desa Liang Pematang.

Website BUMDes tersebut menampilkan unit unit usaha yang dimiliki oleh Desa Liang Pematang serta potensi potensi keindahan yang dimiliki oleh Desa Liang Pematang yang dapat dikelola sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Liang Pematang.

Pada kegiatan ini tim pengabdian menyerahkan website BUMDes agar kedepannya Website BUMDes ini langsung dikelola oleh pengelola desa dalam hal ini diwakili oleh direktur BUMDes yaitu Bapak Ardi Ardiansyah.

Pos terkait