Tito : Ujung Tombak Penanganan Corona di Daerah Kepala Daerah

  • Whatsapp
Tito
Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian

transbisnis.com | JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian mengatakan ujung tombak penanganan wabah virus Corona atau Covid-19 di daerah-daerah adalah kepala daerah.

Untuk itu, kepala daerah agar memberikan perhatian khusus kepada masyarakat di daerahnya dalam melindungi warganya. Para kepala daerah harus betul-betul memegang kendali dalam penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Terapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mencegah serta menghindari kerumunan,” kata Tito di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Hal itu sudah jelas diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Penanganan Covid-19 membutuhkan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Saya harap kepala daerah dapat menjadi ujung tombak sosialisasi penerapan protokol kesehatan,” tutur Tito.

Menurutnya, pengendalian Covid-19 merupakan tantangan untuk kepala daerah sebab tidak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan semata, tetapi juga ekonomi.

Untuk itu, para kepala daerah harus menjaga keseimbangan antara langkah-langkah pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan karena keduanya harus berjalan beriringan.

“Ujian kepemimpinan itu ada disaat krisis, bukan disaat normal. Coba mengeluarkan strategi bagaimana menangani kesehatan sebaik mungkin, tapi tidak membiarkan ekonomi menjadi mandek (berhenti), tetap bergerak,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta para kepala daerah agar secara masif dan sistematis menyosialisasikan kebijakan dan mekanisme vaksinasi Covid-19, termasuk penyiapan APBD di masing-masing daerah, jika pada waktunya dibutuhkan.

Pos terkait