UKM Jurnalis Serahkan Bibit Eucalyptus ke Kadis Kebersihan dan Pertamanan Pemko Medan

  • Whatsapp

tranasbisnis.com | Medan – Usaha Kecil Menengah Jurnalis Bina Mandiri (UKM JBM) menyerahkan bibit pohon eucalyptus dan hand sanitizer kepada Pemerintah Kota Medan, melalui Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Pengurus UKM JBM, Fakhruddin didampingi Waliyono dan Swardi Sinaga, yang diterima langsung Kepala Dinas (Kadis) Kebersihan dan Pertamanan Pemko Medan M Husni, di Lapangan Merdeka, Medan, pada Jumat, 27 November 2020.

Kadis Kebersihan Kota Medan M Husni menyambut baik penyerahan tersebut.

Nantinya, bibit eucalyptus akan ditanam oleh Pemko Medan bersama UKM Jurnalis Bina Mandiri dalam rangka Hari Pohon Sedunia 2020, di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata, Medan, pada Rabu, 2 Desember 2020 mendatang.

Pemko Medan mendukung sepenuhnya kegiatan UKM Jurnalis Bina Mandiri yang akan memproduksi minyak atsiri dari bahan baku daun eucalyptus yang berguna untuk menangkal Covid-19 di tengah pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Sementara itu, Fakhruddin mewakili Pengurus UKM Jurnalis Bina Mandiri mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemko Medan, khususnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

“Penanaman bibit eucalyptus ini, akan dilaksanakan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni, Kadis Lingkungan Hidup bersama Ketua KNPI Provinsi Sumatera Utara El Adriansyah, Pengamat Lingkungan Jaya Arjuna, dan UKM Jurnalis Bina Mandiri dalam rangka Hari Pohon Sedunia 2020,” sebut Kocu panggilan akrab Fakhruddin.

Selain penanaman bibit, UKM JBM juga akan melaksanakan demo penyulingan daun eucalyptus untuk menghasilkan minyak atsiri secara tradisional. Kemudian launching produk-produk UKM Jurnalis Bina Mandiri berbahan dasar dari minyak atsiri (sabun cair dan padat, hand sanitizer, aromaterapi, dll).

Diharapkan dengan adanya penanaman pohon akan semakin menambah hijau Kota Medan, dan di sisi lain daun eucalyptus dapat digunakan sebagai bahan dasar minyak eucalyptus untuk diproduksi menjadi berbagai produk demi menangkal Covid-19,” pungkas Fakhruddin.

Ditempat terpisah, Manager Corporate Communication PT TPL, Norma Hutajulu menyatakan pihaknya mendukung penuh kerja sama yang dijalin oleh UKM Jurnalis Bina Mandiri dengan Pemko Medan.

Diharapkan, adanya kerjasama UKM Jurnalis Bina Mandiri akan mampu memproduksi semakin banyak berbagai produk berbahan dasar minyak atsiri karena ketersediaan bahan baku yang cukup,” ujar Norma, yang dihubungi wartawan melalui telepon selular.

“Dengan penanaman pohon Eucalyptus yang dilakukan UKM Jurnalis Bina Mandiri, akan memberikan suasana hijau Kota Medan dan memberikan peluang baru dalam peningkatan ekonomi masyarakat, melalui produk yang dihasilkan dengan pemanfaatan minyak atsiri Eucalyptus,” kata wanita yang berparas cantik ini.

Pos terkait