Kapal Destroyer AS di Laut Hitam Terus Dipantau Rusia

  • Whatsapp
Rusia dan AS Nyaris Adu Kekuatan di Perairan Pasifik
Kapal Destroyer AS di Laut Hitam

transbisnis.com | MOSKOW – Pihak angkatan Laut AS juga menegaskan bahwa kehadiran mereka di Laut Hitam merupakan operasi patroli untuk mendukung mitra mereka yang ada di NATO seperti Turki, Ukraina, Bulgaria, Rumania, dan Georgia.

AS meyakinkan bahwa kehadiran mereka di Laut Hitam berpegang pada Konvensi Montreaux, yang mengatur penggunaan militer selat Bosporus dan Dardanelles. Mereka juga menjamin akan melakukan latihan militer di perairan internasional.

Bacaan Lainnya

Kementerian Luar Negeri Rusia berulang kali mencatat bahwa kehadiran militer kekuatan non-regional di Laut Hitam tidak berkontribusi pada penguatan stabilitas.

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia pada hari Senin (23/11) mengumumkan bahwa Armada Laut Rusia di Laut Hitam kini sedang memantau pergerakan kapal destroyer AS, USS Donald Cook, yang saat ini berada di kawasan Laut Hitam.

TASS melaporkan bahwa USS Donald Cook mulai memasuki Laut Hitam pada hari Senin lalu.

“Pasukan dan sarana Armada Laut Hitam mulai memantau USS Donald Cook, yang memasuki Laut Hitam pada tanggal 23 November,” ungkap perwakilan Kementerian Pertahanan, seperti dikutip TASS.

Kunjungan USS Donald Cook pada hari Senin memang telah dikonfirmasi langsung oleh Armada ke-6 Angkatan Laut AS melalui akun Twitter resminya.

“#USSDonaldCook DDG 75 memulai transit selat mereka ke #BlackSea, menandai kali ke-7 kapal perang @USNavy telah berada di Wilayah Laut Hitam,” tulis akun resmi Angkatan Laut AS tersebut.

 

Pos terkait