Harga Emas Spot Turun 0,1% Pagi Ini

  • Whatsapp
Penguatan Harga Emas Spot Masih Berlanjut
Penguatan Harga Emas Spot Masih Berlanjut

transbisnis.com | SINGAPURA – Pagi ini di awal perdagangan Selasa (24/11/2020), harga emas spot turun 0,1% menjadi US$ 1.834,40 per ons troi. Bahkan, harga emas sempat anjlok 2,2% pada perdagangan sesi sebelumnya.

Harga emas masih melanjutkan pelemahan. Sentimen yang menekan harga emas datang dari perkembangan vaksin Covid-19 dan data manufaktur Amerika Serikat (AS) yang ciamik mendukung harapan investor akan pemulihan ekonomi.

Bacaan Lainnya

Serupa, harga emas berjangka kontrak pengiriman Februari 2021 turun 0,3% menjadi US$ 1.833 per ons troi.

Tekanan bagi harga emas kembali datang setelah pengumuman vaksin Covid-19 milik AstraZeneca yang memiliki efektivitas 90%.

Selain itu, vaksin AstraZeneca kemungkinan besar dapat dibuat lebih murah, lebih mudah didistribusikan dan lebih cepat untuk ditingkatkan daripada saingan.

Di sisi lain, pejabat kesehatan AS pun mengkonfirmasi bahwa vaksinasi massal untuk virus corona di AS dapat dilakukan pertengahan Desember.

Tak mau kalah, harga si kuning kian tertekan setelah data aktivitas bisnis di Negeri Paman Sam berkembang pada tingkat tercepat di lebih dari lima tahun pada bulan November lalu. Alhasil, optimisme yang deras terhadap pemulihan ekonomi semakin jelas.

Menambah sentimen, Presiden terpilih AS Joe Biden dikabarkan akan mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan AS.

Langkah ini pun disambut baik oleh investor yang memuji pengalamannya di bank sentral sama pentingnya dalam upaya menghidupkan kembali ekonomi yang dilanda pandemi.

Biden yang sudah mendapat lampu hijau untuk memulai transisinya ke Gedung Putih turut menyeret harga emas. Lantaran ini menjadi tonggak baru bagi kondisi politik di AS.

Pos terkait