Astaga ! Kegiatan BBM Ilegal Semakin Marak di Belawan

  • Whatsapp
Astaga ! Kegiatan BBM Ilegal Semakin Marak di Belawan
transbisnis.com | BELAWAN – Wilayah hukum (wilkum) Direktorat Polisi Perairan Sumatera Utara (Ditpolairsu) masih rawan dari kegiatan penampungan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Aparat penegak hukum diminta untuk bertindak tegas, Senin (23/11/2020).
Salah satunya, dugaan kegiatan ilegal itu terendus berada di Jalan Mujahir Gudang Arang, Kelurahan Belawan l, Kecamatan Medan Belawan.
Informasi yang dikumpulkan dari orang dalam sendiri, penampung minyak illegal itu disebut-sebut milik bermarga Tarigan. Bahkan, kegiatan ilegal telah lama berlangsung. Namun sampai saat ini belum ada tindakan tegas yang dilakukan dari aparat keamanan.
Untuk melakukan aktivitasnya, pemilik gudang BBM Ilegal beroperasi di tengah laut dengan menggunakan kapal yang telah dimodifikasi seolah-olah terkesan seperti kapal nelayan.
Menurut warga yang tak mau disebutkan namanya, lokasi gudang bukan saja menampung minyak ilegal jenis solar, akan tetapi juga mengkondisikan limbah B3 yaitu oli kotor dan CPO.
“Untuk mengelabui petugas keamanan di laut, kapal telah dimodifikasi,” ungkapnya.
Lebih lanjut, dengan modus akan berangkat ke laut untuk mencari ikan. Dan saat di tengah laut kegiatan berubah menjadi pemindahkan minyak solar dari kapal besar ke kapal boat nelayan.
Harapan warga sekitar gudang BBM ilegal, agar pihak kepolisian khususnya Ditpolairsu segera menutup dan menangkap pemilik lokasi gudang, karena dinilai telah melanggar UU Migas.
“Ini sangat serius. Koq mungkin ada gudang minyak di pemukiman padat warga. Kalau terjadi kebakaran gimana?,” ungkap seorang warga yang tak jauh dari gudang BBM kepada wartawan.
Sementara konfirmasi kepada Kasubdit Gakkum Dirpolairsu Kompol Golkar Silaban belum membuahkan hasil.
Reporter | Suhermanto

Pos terkait