UMKM Harus Lebih Kreatif Memanfaatkan Era Digital

  • Whatsapp
UMKM Harus Lebih Kreatif Memanfaatkan Era Digital

transbisnis.com | MEDAN – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi bersama Wakil Ketua TP PKK Sumut, Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, menyaksikan secara virtual seremoni Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 Seri 3 yang langsung dibuka Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Nawal mengharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi untuk terus mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan terus berinovasi di era digital. Nawal mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan terus mendukung upaya membangkitkan UMKM yang ada dengan mengembangkan inovasi baru untuk entrepreneur di Sumut.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan arahan yang disampaikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kita mengajak UMKM di Sumut untuk maju dan bangkit, dan membuat inovasi-inovasi baru seperti kain tenun, batik, maupun makanan dan minuman bisa dimunculkan, dan masuk dalam pasar digitalisasi,” kata Nawal Edy Rahmayadi.

Hadir melalui virtual dalam kegiatan itu, Jumat (20/11), Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, serta lainnya.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang membuka kegiatan itu dalam arahannya berpesan, pada situasi pandemi Covid-19 saat ini semua pihak harus tetap semangat dalam mendorong pengembangan UMKM. Era digital harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan memperbaiki branding dan harga agar dapat bersaing dengan negara lain.

Menurutnya, generasi milenial yang sudah sangat mengenal digitalisasi merupakan potensi dan kesempatan untuk membuka usaha dengan memiliki gagasan yang inovatif. Semua unsur diminta untuk segera memberikan dukungan berupa pembiayaan, pendampingan dan sebagainya.

“Seluruh unsur terkait untuk terus membantu milenial dari segi pendanaan dan lainnya agar produk kreatif ini dapat masuk ke pasar internasional,” katanya.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat UMKM untuk lebih kreatif dan memanfaatkan era digital dalam mendorong perkembangan ke pasar internasional.

Diakuinya, kiprah milenial dalam UMKM merupakan kebangkitan ekonomi bangsa.

“Kapasitas dan pembiayaan akses UMKM pada milenial juga diharapkan akan menjadi potensi pada UMKM, yang akan menciptakan entrepreneur baru,” sebutnya.

Pos terkait