Pemprov Sumut Bakal Berikan Stimulus Bagi Pelajar SMA/SMK

  • Whatsapp
Stimulus
Ilustrasi pelajar SMA/SMK (Foto.Net)

transbisnis.com | MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) sedang menyiapkan stimulus kepada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Stimulus yang akan diberikan itu berupa bantuan subsidi biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sebesar Rp 35.000 per siswa.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan bantuan untuk meringankan biaya uang sekolah itu, rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang.

Setiap bulannya, seluruh pelajar SMA/SMK dipastikan akan mendapatkan bantuan keringanan biaya uang sekolah. Saat ini, Pemprov Sumut masih melakukan pendataan atas jumlah pelajar tersebut.

“Sebenarnya, saya menginginkan bantuan yang diberikan itu sebesar Rp 50.000 setiap bulannya. Namun, anggaran tidak mencukupi karena menangani pandemi Covid-19. Sehingga, stimulus untuk pelajar ini diberikan sesuai kesanggupan. Artinya, jika uang sekolah Rp 50.000, maka yang perlu dibayar menjadi Rp 15.000,” ujar Edy Rahmayadi, Rabu (18/11/2020).

Berdasarkan data, jumlah pelajar SMA di Sumut sebanyak 344.668 siswa dan SMK berjumlah sekitar 262.662 siswa. Jumlah itu meliputi 2.038 sekolah yang ada di kabupaten/kota dan tersebar pada 434 kecamatan di Sumut.

Mantan Pangkostrad ini menyampaikan, bantuan terhadap pelajar ini untuk mewujudkan visi dan misi Sumut Bermartabat dalam pendidikan.

Meski dalam amanah Undang-undang mewajibkan anggaran pendidikan sebesar 20 persen, namun Pemprov Sumut tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkannya.

“Jika pendapatan daerah besar dalam hal penerimaan maka semakin mempermudah mewujudkan anggaran untuk pendidikan. Sehingga, perlu kita lihat dalam perkembangan ke depannya. Soalnya, ini masih dalam suasana pandemi, sehingga banyak yang perlu diperhatikan untuk ditangani,” sebutnya.

Pos terkait