Tips Sehat | Manfaat Diet Rendah Purin Bagi Penderita Asam Urat

  • Whatsapp
Diet Sehat Terbaik untuk Turunkan Berat Badan
Diet Sehat Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

transbisnis.com | Manfaat diet rendah purin bagi penderita asam urat dan pernahkah Anda mendengar tentang diet rendah purin? Diet yang satu ini sangatlah bermanfaat bagi penderita asam urat.

Asam urat merupakan hasil pemecahan purin yang secara alami diproduksi dalam tubuh maupun didapat dari makanan tertentu.

Bacaan Lainnya

Ketika Anda mengonsumsi banyak makanan yang tinggi purin, maka tubuh juga akan memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi.

Diet rendah purin pun dibutuhkan untuk mencegah permasalahan ini. Lalu, apa itu diet rendah purin?

Diet rendah purin adalah diet yang dilakukan untuk meminimalkan jumlah purin dalam tubuh, dan mengurangi jumlah asam urat dalam darah.

Makanan yang dapat dikonsumsi dalam diet rendah purin

Ketika kadar asam urat melebihi jumlah yang dapat diproses oleh tubuh, maka asam itu akan membentuk kristal dalam darah yang bisa menyebabkan gout maupun batu ginjal.

Terdapat dua langkah penting dari diet rendah purin: dengan menghindari makanan yang mengandung purin tingkat tinggi dan mengonsumsi makanan yang dapat membantu tubuh mengendalikan kadar asam urat.

Menurut American Academy of Family Physicians, diet rendah purin terbukti menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko komplikasi.

Diet ini sebetulnya sangat baik untuk siapa saja karena mendorong konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah dibanding daging berminyak.

Namun, diet rendah purin akan sangat membantu jika Anda ingin mengelola asam urat atau batu ginjal.

Jika kebanyakan diet membatasi makanan yang dapat dikonsumsi, maka lain halnya dengan diet rendah purin. Orang yang melakukan diet rendah purin masih dapat menikmati berbagai jenis asupan.

Adapun makanan yang dapat dikonsumsi dalam diet rendah purin, antara lain:

-Roti
-Sereal
-Pasta
-Biji-bijian utuh
-Susu rendah lemak
-Yogurt
-Keju
-Telur
-Buah dan sayur utuh
-Kentang
-Jeruk
-Nanas
-Jeruk bali
-Stroberi
-Paprika
-Tomat
-Alpukat
-Kopi
-Teh

Selain itu, disarankan untuk minum air putih 8 gelas atau lebih dalam sehari untuk mendorong asam urat keluar dari tubuh melalui urine.

Sebab, jika Anda tidak minum cukup air putih, maka dapat meningkatkan penumpukan asam urat dalam tubuh.

Meski diet rendah purin dapat membantu mencegah dan mengendalikan asam urat maupun batu ginjal, namun diet ini bukanlah obat untuk kedua kondisi tersebut.

Anda tetap harus mendiskusikan opsi perawatan lebih lanjut bersama dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengatur kadar asam urat dalam jangka panjang.

Namun, diet ini tetap dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Di samping itu, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur.

Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berenang, bersepeda, berjalan kaki, senam, yo. [kompas]

Pos terkait