Makanan yang Bisa Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

  • Whatsapp
Makanan yang Bisa Memperlancar Buang Air Besar (BAB)
Makanan yang Bisa Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

transbisnis.com | Makanan yang bisa memperlancar buang air besar (BAB) di mana Jika anda sering sembelit, makanan yang bisa memperlancar buang air besar ini bisa anda konsumsi.

Ada beberapa buah dan sayur yang menjadi pilihan anda. Sulit buang air besar jadi masalah banyak orang. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan serat.

Alih-alih merasa tak nyaman karena sembelit, anda bisa mencoba beberapa makanan enak, kaya serat, dan tentunya mengandung berbagai nutrisi lain yang juga tubuh perlukan.

Mengutip dari Healthline berikut 7 makanan yang memperlancar buang air besar (BAB):

1. Apel
Buah apel tinggi akan serat, hal tersbeut menjadikan buah yang sau ini bisa melancarkan BAB jika anda konsumsi secara rutin.

Satu buah apel ukuran sedang jika anda mengonsumsinya dengan kulitnya, mengandung 4,4 gram serat. Jumlah ini memenuhi sekitar 17% rekomendasi kebutuhan serat harian.

2. Roti gandum utuh
Roti gandum utuh juga bisa memperlancar BAB anda. Pastikan untuk memilih roti yang benar-benar dibuat dari gandum utuh. Karena jenis roti ini masih mengandung banyak serat.

3. Bayam
Konsumsilah sayur yang bisa memperlancar buang air besar. Anda bisa menjadikan bayam sebagai pilihan utama.

Satu cangkir bayam mengandung setidaknya 4,3 gram serat. Selain bayam, brokoli juga bisa jadi pilihan terbaik.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang memperlancar buang air besar. Pilihan terbaik ada pada kacang merah, lentil, atau kacang polong.

Kacang mengandung campuran serat larut dan tidak larut. Karenanya mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin akan memudahkan pergerakan usus untuk mengeluarkan kotoran.

5. Ubi
Konsumsi ubi punya banyak manfaat sehat termasuk melancarkan buang air besar. Lagi-lagi karena kandungan serat dalam ubi.

Satu buah ubi ukuran sedang mengandung sekitar 3,8 gram serat. Ubi sebagian besar mengandung serat tidak larut berupa selulosa dan lignin.

6. Kefir
Terakhir ada minuman pelancar BAB yang bisa anda konsumsi. Berupa kefir yang merupakan produk fermentasi susu.

Kefir bisa berasal dari susu sapi, kambing, atau domba. Karena melalui proses fermentasi, kefir mengandung banyak bakteri dan ragi baik untuk sistem pencernaan.

7. Pir
Makanan yang memperlancar buang air besar selanjutnya masih dari kategori buah. Pir juga bisa jadi pilihan anda.

Pir mengandung 5,5 gram serat dalam tiap buah ukuran sedang. Selain itu pir mengandung sorbitol yang bersifat sebagai pencahar alami.

Pos terkait