Prof.Erika Revida, MS : Razia Prokes Ubah Perilaku Masyarakat

  • Whatsapp
Prof. Dr. Erika Revida, MS

transbisnis.com | MEDAN – Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara,Prof. Dr. Erika Revida, MS  menilai program razia yang dilakukan Satgas Covid-19 cukup efektif dalam mengantisipasi sebaran Covid-19.Protokoler kesehatan  (Prokes) yang menjadi bahan edukasi kepada masyarakat menurutnya juga dapat mengubah perilaku lebih baik.

” Menurut saya sangat efektif razia dilakukan, karena manusia cenderung menyimpang atau melanggar aturan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan hukuman atau razia terhadap pelanggaran protokol kesehatan akan mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Hal serupa juga dapat diperankan tokoh agama dan tokoh pendidikan guna sosialisasi prokes.Menurutnya, tokoh agama, tokoh pendidikan dan keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam mensosialisasikan pentingnya penggunaan protokol kesehatan. ” Tokoh agama, tokoh pendidikan harus menjadi contoh atau teladan dalam menjalankan protokol kesehatan dan bukan sebaliknya,”
ujarnya.

Sekaitan dengan Pilkada di berbagai daerah di Sumut,bisa berjalan sesuai Prokes asalkan KPU bekerja dan Satgas Covid mengaturnya. ” Mengukur suhu warga yang datang, wajib menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, dan mengatur jadwal dan jumlah orang yang datang ke TPS.Jangan sampai secara serentak datang berbondong-bondong ke TPS,” ujarnya.

Jelang pemasyarakatan vaksin Covid-19 diharapkannya tetaplah menjalankan Prokes dengan tertib. “Menurut saya walaupun kita nantinya sudah divaksin Covid-19 tidak ada salahnya penggunaan masker tetap dilakukan khususnya di tempat ramai.Masker banyak manfaatnya bisa untuk mencegah masuknya debu juga untuk mencegah virus lain masuk ke mulut dan hidung sehingga kesehatan kita tetap terjaga,” ujarnya.

Pos terkait