Kunci Sukses McDonald Bersaudara Bangun Franchise Fast Food Terbesar di Dunia

  • Whatsapp
Kunci Sukses McDonald Bersaudara Bangun Franchise Fast Food Terbesar di Dunia
McDonald bersaudara

transbisnis.com | Bagi anda yang ingin bergelut di bidang usaha restoran ada baiknya membaca kucnci susksi McDonald’s karena  McDonald’s  salah satu franchise fast food terbesar di dunia.

Di mana restoran ini memiliki ribuan cabang yang tersebar di seluruh dunia. Gerai McDonald’s juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Kenikmatan sajian McDonald’s membuat banyak orang menyukainya. Pilihan makanan dan minuman yang beragam juga menjadi daya tarik restoran ini.

Pelayanan yang cepat dan praktis membuat McDonald’s banyak digemari masyarakat. Menu yang disajikan juga disesuaikan di tiap negara.

Hal tersebut membuat restoran cepat saji ini semakin melokal. Kisah di balik kesuksesan McDonald’s pun membuat orang penasaran. Apalagi, sebelum menjadi raksasa franchise, McDonald’s mulanya hanya sebuah restoran kecil.

Awal berdiri McDonalad’s

Restoran McDonald’s pertama kali dibuka tahun 1948. Melansir Encyclopedia Britannica, McDonald bersaudara, Maurice “Mac” dan Richard, membuka restoran ini di Bernandino, California, Amerika Serikat.

Restoran McDonalds pertama

Awalnya, McDonald’s hanya berupa restoran steak biasa. Dua bersaudara ini kemudian menyadari hamburger adalah menu yang paling laris di restoran.

Menyadari hal ini, mereka menutup dan mengevaluasi restoran selama tiga bulan. Hasil dari evaluasi ini adalah membuat sistem pelayanan yang cepat.

Mereka mengganti peralatan makan dengan kertas dan gelas plastik. Hal ini bisa mempercepat pelayanan dan tenaga. Selain itu, menu McDonald’s juga disederhanakan.

Pada saat itu, McDonald bersaudara hanya menyediakan 9 menu: hamburger, cheeseburger, 3 minuman bersoda, susu, kopi, kentang goreng, dan pie.

“Konsep kami berdasarkan kecepatan, harga yang terjangkau, dan volume,” ucap Richard McDonald dalam buku McDonald’s: Behind the Arches seperti dikutip History.com.

Awal mula franchise McDonald’s terjadi pada tahun 1955. Setahun sebelumnya, seorang sales, Ray Kroc, berkunjung untuk menjual mesin pengaduk milkshake.

Kroc terkagum-kagum dengan konsep restoran milik McDonald bersaudara. Melihat potensi bisnis dari restoran tersebut, Ray Kroc mengajak bekerjasama.

Ray Kroc

Pada 1955, restoran franchise McDonald’s yang pertama dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat. Di tahun yang sama, McDonald’s Corporation juga berdiri.

Kesuksesan restoran ini sayangnya tidak dibarengi dengan kerjasama yang baik. Hubungan McDonald bersaudara dan Kroc terus memburuk. Perbedaan pandangan bisnis menjadi alasan utama hubungan mereka tidak baik.

Beralih kepemilikan
Puncak dari masalah tersebut berakhir dengan perpindahan kepemilikan. Bersumber dari History.com, tahun 1961, Ray Kroc membeli perusahaan McDonald’s dari McDonald bersaudara.

Kroc membeli perusahaan ini sebesar US$ 2,7 juta kala itu. Di akhir dekade, sudah ada sekitar 1.000 franchise McDonald’s. Saham perusahaan ini mulai melantai di bursa saham tahun 1965.

Maskot McDonald’s, Ronald McDonald, bersumber dari Encyclopedia Britannica, pertama kali diperkenalkan tahun 1963.

McDonald’s terus berkembang dengan jumlah franchise mencapai puluhan ribu. Gerai restoran ini menyebar hingga seluruh negara di dunia.

Kisah dari perjalanan McDonald’s sudah di film-kan. Film The Founder menceritakan cerita di balik kesuksesan raksasa restoran cepat saji ini.

The Founder dirilis tahun 2016. Dari film ini, Anda juga bisa tahu bagaimana nasib McDonald bersaudara

Pos terkait