KPKK Tanam Bibit Pohon Cegah Ancaman Abrasi di Sungai Belawan

  • Whatsapp

transbisnis.com | HAMPARAN PERAK – Cegah ancaman abrasi, Komisi Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Deli Serdang (KPKK-DS) lakukan penanaman bibit tanaman keras di bantaran Sungai Belawan Hamparan Perak, Rabu (1/7/2020).

Turut serta dalam penanaman bibit tanaman keras tersebut Wakapolsek Hamparan Perak AKP Sutrisno, Panit Lantas UE Panjaitan, Kanit Binmas Iptu Mustofa, serta Panit Lantas Ipda G Situmorang.

Bacaan Lainnya

Penanaman bibit pohon juga dilakukan Kasi Trantib Kecamatan Hamparan Perak Edwin bersama Bestami, Kades Klambir Bustami, Wakil Ketua KPKK Ir Bukti Hasiholan M.Si dan Ir Riduan Sembiring M.MA.

Peran serta dalam penanaman juga diikuti oleh MKTI (Masyarakat Konservasi Tanah dan Air Indonesia), Asril selaku anggota Forumdas (Forum Masyarakat Daerah Aliran Sungai) Sungai Belawan di Hamparan Perak.

Penanaman ratusan bibit di sepanjang bantaran Sungai Belawan di Dusun 3 dan Dusun 4 Desa Klambir antara lain bibit pohon matoa, bibit pohon mangga, bibit pohon manggis serta bibit pohon duku.

Ketua Komisi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan DS Prof DR Ir Abdul Rauf MSc, penanaman bibit pohon keras dilakukan adalah untuk penguat tanah di bantaran sungai sehingga ancaman abrasi di sepanjang bantaran sungai dapat diatasi.

“Bibit pohon keras kita tanami di sepanjang bantaran Sungai Belawan, selain menguatkan tanah pohon keras juga dapat menghijaukan daerah pinggiran sungai,” kata Prof Abdul Rauf.

Kades Desa Klambir Bustami sangat mendukung dan berterimakasih banyak atas penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Belawan yang dilakukan oleh KPKK DS.

“Kita warga di Desa Klambir sangat berterimakasih terhadap KPKK DS yang teramat peduli dengan lingkungan khususnya terhadap Sungai Belawan,”

“Karena yang kita tanam hari ini merupakan warisan terhadap anak cucu kita di masa depan nantinya,” ucap Kades Desa Klambir Bustami.

Reporter | Herman

Pos terkait