Soal Pertemuan OPEC+ Picu Harga Minyak Mentah Meroket

  • Whatsapp
Harga Minyak Mentah Brent Naik 0,1%
Harga Minyak Mentah.[net]

transbisnis.com | LONDON – Soal pertemuan OPEC+ memicu harga minyak mentah meroket dimana OPEC memutuskan untuk meningkatkan diskusi tentang rencana memperpanjang rekor penurunan produksi hingga hari Sabtu (6/6).

Harga minyak mentah kembali menguat setelah anggota yang sebelumnya belum memenuhi target pemangkasan sepakat.

Bacaan Lainnya

Jumat (5/6) pukul 18.30 WIB, harga minyak berjangka Brent kontrak pengiriman Agustus 2020 di ICE Futures naik US$ 1,26, setara 3,15% menjadi US$ 41,25 per barel.

Setali tiga uang, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman JUli 2020 di Nymex naik 91 sen, atau 2,43%, menjadi US$ 38,32 per barel.

Brent telah naik 17% sejak pekan lalu untuk mencapai level tertinggi tiga bulan. Nilai kontrak tersebut naik lebih dari dua kali lipat sejak jatuh ke level $ 15,98 per barel pada 22 April.

Harga minyak WTI juga naik hampir 14% dari penutupan pekan lalu, meninggalkan tolok ukur di jalur untuk kenaikan minggu keenam.

Ini terjadi setelah adanya penurunan produksi minyak AS dan tanda-tanda peningkatan permintaan bahan bakar karena sejumlah negara bagian Amerika Serikat (AS) sudah melonggarkan penguncian.

Kementerian Energi Rusia mengatakan dalam konferensi video, bahwa pertemuan OPEC+, akan diadakan pada Sabtu (6/6).

OPEC+ yang terdiri dari anggota OPEC dan sekutu-sekutunya telah mempercepat pertemuan, yang sebelumnya dijadwalkan minggu depan.

Ini terjadi setelah Irak dan beberapa negara lainnya setuju meningkatkan kepatuhan mereka pada pengurangan pasokan yang ada.

“Harga sudah naik karena pertemuan dijadwalkan untuk besok. Ada banyak kebingungan…

jadi sepertinya mereka menemukan jalan yang lebih tepat,” kata Olivier Jakob di Petromatrix Consultancy.

Sebelumnya, Arab Saudi dan Rusia, dua produsen minyak terbesar dunia.

Ingin memperpanjang pengurangan produksi 9,7 juta barel per hari (bph) untuk bulan Juli mendatang.

Pos terkait