4 Cara Cegah Iritasi Wajah Akibat Terlalu Lama Pakai Masker

  • Whatsapp
Beijing siaga tinggi

transbisnis.com | Memakai masker wajah saat keluar rumah sudah menjadi hal yang wajib Memasuki tatanan hidup baru atau new normal. Karena, menggunakan masker menjadi salah satu cara mencegah penularan virus corona melalui droplet.

Namun, beberapa orang merasa tidak nyaman memakai masker dalam waktu yang lama. Karena, bagi sebagian orang, memakai masker terlalu lama bisa mengakibatkan masalah kulit seperti ruam, eksim, bahkan jerawat.

Bacaan Lainnya

Lalu bagaimana agar kulit kita aman ketika memakai masker di tengah pandemi virus corona? Simak tips kecantikan dan kesehatan mencegah iritasi wajah akibat pemakaian masker sebagai berikut:

Cuci Muka
Sebelum keluar rumah dan mengenakan masker, pastikan telah mencuci wajah dan memakai pelembap. Cara ini membantu membersihkan dan menjaga kelembapan kulit.

Pelembap berfungsi memberikan lapisan pelindung dan menghaluskan kulit wajah. Jika tidak diolesi pelembab, maka masker yang bersentuhan langsung dengan kulit akan menyebabkan iritasi.

Pilihlah pelembab yang ringan seperti krim atau losion agar kulit wajah tidak terlalu berminyak.

Pilih sunscreen yang cocok
Sunscreen merupakan salah satu skincare yang ampuh melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Penggunaan sunscreen yang salah akan menimbulkan masalah baru pada kulit.

Oleskan mineral sunscreen sebelum memakai masker. Mineral sunscreen terbuat dari bahan alami seperti titanium dioxide dan zinc oxide.

Jenis produk tabir surya tersebut tidak mengandung bahan aktif seperti zat oxybenzone atau octinoxate yang membuat iritasi pada kulit sentitif.

Hindari pemakaian makeup
Penggunaan makeup ketika memakai masker sangat tidak dianjurkan. Produk makeup akan menutup pori-pori kulit.

Hal tersebut diperparah dengan keringat yang muncul saat pemakaian masker. Pori-pori kulit atau folikel yang tersumbat akan menyebabkan jerawat dan noda pada wajah.

Cuci masker secara teratur
Masker kain paling banyak dipakai masyarakat karena harganya yang terjangkau dan bisa dipakai secara berulang kali. Namun, banyak dari mereka yang tidak mengindahkan protokol menjaga kebersihan masker.[solo]

Pos terkait