Harga Emas Spot Naik Lebih dari 2%

transbisnis.com | JAKARTA – Berdasarkan data Bloomberg Senin (24/2), harga emas spot pukul 16:05 WIB berada di US$ 1.682,97 per ons troi naik 2,42% dari penutupan sebelumnya artinya Harga emas bergerak positif.

Harga emas yang naik lebih dari 2% pada hari pada Senin ini berada di level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Lonjakan harga emas ini disebabkan oleh wabah virus corona yang terus meluas di luar China.

Dianggap sebagai safe-haven, dolar AS juga berangsur meningkat akibat penyebaran cepat virus ini sehingga mendorong kekhawatiran dan membebani mata uang Asia dan ekuitas global.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) prihatin dengan jumlah kasus yang terinfeksi tanpa hubungan epidemiologis yang jelas, meskipun jumlah total kasus di luar China masih relatif kecil.

China akan meningkatkan penyesuaian kebijakan untuk membantu meredam pukulan terhadap ekonomi dari wabah yang masih berusaha dikontrol pihak berwenang, kata Presiden Xi Jinping seperti dikutip dari Reuters.

Kepala keuangan dari 20 negara teratas dunia berjanji untuk memantau dampak virus terhadap pertumbuhan global dan bertindak jika diperlukan, karena mereka mengatakan kebijakan moneter yang longgar dan meredakan ketegangan perdagangan akan mendorong peningkatan pada tahun 2020 dan 2021.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *