Meski Dihantui Virus Corona, Emas Spot Tetap ‘Kinclong’

  • Whatsapp
Harga Emas Spot
Daftar Harga Emas Antam.[net]

transbisnis.com | JAKARTA – Jelang akhir pekan di perdgangan Jumat (14/2/2020) pukul 07.50 WIB Harga emas makin menunjukkan keperkasaannya di pasar spot.

Harga emas untuk pengiriman April 2020 di Commodity Exchange ada di US$ 1.580,30 per ons troi, naik 0,13% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.578,80 per ons troi.

Bacaan Lainnya

Kenaikan harga emas terdorong oleh naiknya kekhawatiran investor lantaran peningkatan tajam dalam jumlah kasus virus corona di China. Alhasil, investor kembali mencari aset dengan risiko rendah.

China melaporkan peningkatan kematian dari kasus virus corona setelah menggunakan metode penghitungan baru pada Kamis (13/2).

“Emas akan terus naik sampai pasar yakin sejauh mana virus ini menyerang,” kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior RJO Futures seperti dikutip Reuters.

“Kami mendapat berita yang saling bertentangan semalam tentang perjalanan epidemi. Kami tidak yakin bagaimana China menangani situasi ini.”

Emas sering digunakan sebagai aset lindung nilai yang alam selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

“Bahkan sebelum virus corona, emas sedang didukung oleh kebijakan pelonggaran bank sentral dan mereka tidak akan segera mengubah haluan,” kata Haberkorn.

Kemarin, Gubernyr Federal Reserve Jerome Powell menegaskan kembali kepercayaannya pada prospek ekonomi AS, meskipun ada beberapa hambatan jangka pendek, seperti dari kasus virus corona.

Pos terkait