Rupiah dan IHSG Bergerak Stagnan di Akhir Pekan

  • Whatsapp

MEDAN|Rupiah dan IHSG bergerak stagnan di akhir pekan. Nilai tukar Rupiah yang di transaksikan terhadap US Dollar cenderung bergerak datar pasca dalam beberapa hari sebelumnya mengalami penguatan. Demikian dikatakan Pengamat Ekonomi Sumut, Gumawan Benyamin kepada transbisnis.com hari ini.

“Rupiah sempat menguat mencapai level 13.335 per US Dollar. Terpantau sampai jumat (14/7) sore Rupiah masih bergerak datar cenderung melemah tipis dikisaran 13.337-13,341,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan sejalan dengan nilai tukar Rupiah di pasar spot, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pun Rupiah dipatok melemah tipis. Rupiah dipatok melemah 5 poin di bandingkan patokan sehari sebelumnya yang dipatok 13.342 per US Dollar menjadi 13,347 di akhir pekan ini.

“Pelemahan yang terjadi pada Rupiah kali ini sifatnya terbatas karena sebagian besar mata uang Asia bergerak menguat terhadap US Dollar. Peluang Rupiah untuk menguat masih sangat terbuka walupun minim sentiment positif dari dalam negeri. Sentiment dari komentar ketua The Fed Janet Yellen di hadapan kongres AS yang tidak terlalu agresif untuk menaikkan tingkat suku bunga AS membuat peluang Rupiah untuk menguat. Ditambah lagi dengan tren positif beberapa harga komoditas minyak dan batubara,” paparnya.

Dia menegaskan namun pelaku pasar harus mewaspadai pelemahan rupiah lebih lanjut akibat sentiment yang berasal dari luar negeri seperti akan dirilis data-data ekonomi AS. Indek harga konsumen inti AS bulan Juni diperkirakan akan naik dari sebelumnya 0,1 persen menjadi 0,2 persen. Penjualan ritel inti AS pun diperkirakan akan naik dari sebelumnya negatif 0,3 persen menjadi 0,2 persen.

“Jika data ekonomi AS tersebut benar-benar dirilis sesuai dengan perkiraan maka akan membuat US Dollar keluar dari tekanan. Efeknya akan membuat Rupiah bergerak melemah. pelaku pasar harus mewaspadi potensi pelemahan rupiah tersebut,” ungkapnya.

Dia menerangkan IHSG bergerak datar cenderung menguat tipis di akhir pekan ini. IHSG dibuak melemah di hari jumat pada level 5827,54. IHSG sempat tertekan mencapai level 5804,43. Namun pada akhir penutupan IHSG ditutup menguat terbatas. IHSG ditutup menguat 1,75 poin atau 0,030 persen menjadi 5831,79. sebanyak 149 sahamm mengalami kenaikan, 165 saham mengalami penurunan, dan 141 saham tidak mengalami perubahan harga sama sekali dengan total transaksi mencapi Rp. 4,9 triliun.

“Sepanjang dua hari berturut-turut pihak asing masih melakukan aksi jual bersih mencapai Rp. 975 Miliar,” tegasnya.

Pos terkait