Jaga Habitat Harimau Sumatera, KSDA Bersama Masyarakat Cegah Kepunahan

  • Whatsapp

MEDAN-Jumlah Harimau Sumatera secara keseluruhnya dari Aceh hingga Lampung saat ini ditaksir berjumlah sekitar 300 ekor.

Guna mencegah dari kepunahan, Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) wilayah III menjalin kerjasama dengan seluruh elemen, baik masyarakat, TNI maupun Polri.

Bacaan Lainnya

“Kita telah menjalin kerjasama dengan masyarakat, LSM, TNI, Polri dan pihak terkait, untuk bersama menjaga Harimau Sumatera dari kepunahan,” kata kepala KSDA Wilayah III, Gunawan ketika dikonfirmasi wartawan baru-baru ini.

Gunawan menjelaskan, dalam prakteknya, kerjasama tersebut berupa memberikan informasi terkait keberadaan maupun perburuan terhadap satwa langka tersebut. “Dalam kerjasama tersebut, kiranya masyarakat dapat memberikan informasi dan melaporkan tentang satwa langka itu. Baik keberadaan, maupun perihal perburuannya kepada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap, lewat kerjasama tersebut diharapakan dapat mencegah satwa langka yang dilindungi itu dari kepunahan. “Kita berharap dengan kerjasama ini dapat mencegah perburuan yang mengakibatkan kepunahan terhadap satwa langka yang dilindungi ini,” harapnya

Pos terkait