Golkar Sumut Usung Depriwanto Sitohang Maju Cabup Dairi

  • Whatsapp

SIDIKALANG|Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar wilayah Sumatera I meliputi Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, Ardi Sinulingga menegaskan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar sudah menetapkan, Depriwanto Sitohang sebagai calon Bupati Dairi periode 2019-2024 dalam Pilkada serentak 27 Juni 2018 medatang.

Ardi menerangkan penetapan calon Bupati Dairi itu dilakukan DPP Golkar dalam rapat tim Pilkada, Senin (3/7/2017) di Jakarta yang dipimpin Ketua Harian Partai Golkar, Nurdin Halid serta Sekjen Golkar, Idrus Marham, Ketua pemenangan pemilu wilayah Sumut I, Ardi Sinulingga, Koordinator pemenangan pemilu wilayah Jawa dan Sumatera, Nusron Wahid, Korbid pemenanganan pemilu, DPD I Golkar Sumut.

Dia menjelaskan, dalam rapat itu diputuskan calon Bupati Kabupaten Dairi yakni Depriwanto Sitohang. Sementara untuk Kabupaten Langkat yakni Ketua Golkar dan Ketua DPRD.

Ketika ditannya apakah calon Wakil Bupati juga sudah diputuskan? Ardi menjawab, yang diputuskan itu dua-duannya adalah baru hanya bupati. Ditanya apa pertimbangan penetapan Depriwanto Sitohang sebagai calon Bupati. Ardi mengatakan, karena dianggap sudah melalui hasil evaluasi tim pilkada dipimpin Nurdin Halid sebagai Ketua harian DPP Golkar serta Sekretaris yang juga Sekjen Golkar, Idrus Marham.

Disinggung soal Elektabilitas calon, Ardy mengatakan dianggap sudah layak dicalonkan partai golkar. Mereka adalah kader partai dan kiprahnya di partai dibawah dorongan Ketua DPD II Golkar Dairi yang juga Bupati Dairi, KRA Johnny Sitohang golkar calon diusung akan menang.

Ditanya soal koalisi, Ardi menyebut, itu urusan Ketua DPD II. Tetapi dia mengatakan, Golkar sipa berkoalisi dengan partai lain. Namun, tanpa koalisipun partai Golkar Dairi sudah bisa mengusung calon karena memiliki 11 kursi di DPRD. Sedangkan Surat Keputusan (SK) penetapan calon Bupati saat ini sednag dalam proses.

Sementara perekrutan calon Wakil Bupati akan diserahkan sepenuhnya kepada DPD II Golkar Dairi. Dia mengatakan, DPD II membuat surat ke DPP dan tembusan ke DPD I. Ditambahkannya, semua calon kepala daerah diseluruh Indonesia pada Pilkada serentak mendatang diambil dalam rapat tim pilkada di DPP Partai Golkar, tandasnya.

Ketua DPD II Golkar dairi, KRA Johnny Sitohang menegaskan, penetapan calon Bupati Dairi yakni, Depriwanto Sitohang sudah final. Sementara untuk posisi Wakil Bupati ataupun pendamping Depriwanto Sitohang akan ditentukan dalam rapat pleno DPD II Golkar Dairi pada.

Johnny menerangkan, rapat yang akan digelar pekan depan adalah pleno yang diperluas diikuti pengurus Kecamatan dan Desa di 15 Kecamatan.

Rapat pleno itu nantinya akan mengagendakan penetapan calon Wakil Bupati. Rapat pleno akan memberikan kesempatan kepada calon Bupati memilih pasangannya baik dari kader maupun luar kader. Ia mengatakan, jika pilihan mengacu pada satu calon saja, maka rapat pleno akan menetapkan calon tersebut.

Ditannya soal pasangan Depriwanto-Ebdy Zuchri Berutu yang sudah dideklarasikan usai Rapimda DPD Golkar Dairi beberapa waktu lalu, Johnny Sitohang menegaskan pasangan itu sifatnya masih sosialisasi. Jika calon Bupatinnya minta ganti, DPD II Golkar Dairi harus meresponsnya. Depriwanto Sitohang kemungkinan akan berpasangan dengan pengusaha toko roti Lestari, Azhar Bintang.

Pos terkait