Asosiasi UMKM Sumut Apresiasi PT. Toba Pulp Lestari

TOBASA – Penyerahan Pataka dan penandatanganan fakta integritas, dari Ketua Umum Asosiasi UMKM Sumut kepada Ketua Asosiasi UMKM Tobasa. Pelantikan dilaksanakan di Cafe Hollywood Soposurung, Balige pada hari Kamis (07/11/2019).

Sebelum acara pelantikan dimulai, terlebih dulu dilaksanakan prosesi anggota UMKM Tobasa dengan membawa produk masing masing pelaku UMKM, diiringi alunan Gondang khas Budaya Batak (Gondang Bolon) disambut tarian tor-tor penyambutan yang dibawakan Sanggar Seni Rumah Parsiajaran Tradisional Inang Nauli Basa.

Usai prosesi, acara diawali dengan doa pembukaan yang dibawakan Pdt Novita Sitohang, Sth, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta penyampaian laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Rosita Silalahi, SE.

Ketua Asosiasi UMKM SUMUT Ibu Ujiana Sianturi, Spd, dalam kata sambutannya mengharapkan agar Asosiasi UMKM Tobasa yang terbentuk dan dilantik, dapat sebagai wadah dan penopang pelaku usaha kecil menengah. Melihat banyaknya pelaku usaha kecil menengah, Asosiasi harus dapat melaksanakan tugasnya yakni, membantu meningkatkan potensi UMKM Tobasa dan wirausaha baru di Tobasa.

Ketua Asosiasi UMKM Tobasa Marandus Sirait dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Pelantikan pengurus masih merupakan langkah awal. Untuk saat ini sudah ada 36 kelompok UMKM yang bergabung dalam asosiasi, dan dimungkinkan akan bertambah.

“Harapan dan tantangan ke depan adalah bagaimana asosiasi ini dapat mendorong dan mendukung pelaku usaha, sehingga produk produk UMKM Tobasa dapat masuk di pasar nasional bahkan internasional. Target capaian ini tidak mudah, tampa dibarengi kerjasama pengurus dan Pemkab Tobasa, melalui instansi terkait dan juga pihak sponsor, seperti PT. TPL. Tbk, PT. Inalum, Bank Sumut, Dinas Sosial, Dinas Perindagkop, Hollywood Cafe, Toba Caldera Geopark, Bukit Gibeon, Jasa Tirta 1, JNE Express Across Nations, BPJS Ketenagakerjaan, dan lainnya,” terang Marandus Sirait.

Charles Sitorus, selaku perwakilan dari pihak PT. Toba Pulp Lestari, Tbk dalam kata sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan asosiasi UMKM. “Dengan resmi dilantiknya pengurus asosiasi UMKM Tobasa merupakan suatu langkah maju, menuju perkembangan ekonomi daerah, nasional bahkan internasional. Diharapkan dapat bersinergi dan menjalin kerjasama, baik kepada Pemkab Tobasa melalui Dinas terkait, pengusaha, perbankan, perusahaan yang ada di Tobasa, juga pihak para sponsor lainnya,” ucap Charles Sitorus.

Usai memberikan kata sambutan, Marandus Sirait  mengatakan ,”Kami bersyukur serta ucapkan terimakasih, masih ada perusahaan seperti PT. TPL yang selalu peduli kepada kami. Dari awal pihak PT.TPL sudah menjalin kerjasama demi pengembangan usaha mikro kecil menengah, melalui dana CD PT. TPL Tbk,” ucap Marandus

“Kita akui PT. TPL sebelumnya sudah memberikan perhatiannya buat UMKM kami ini, dengan membuat rumah produksi dan pengembangan produk andaliman di lokasi Taman Eden 100. Rumah produksi yang baru seminggu selesai pembangunannya dan masih dalam tahap pembenahan alat alat mesin, kita akui semuanya itu bantuan dari pihak PT.TPL. Kedepannya kami berharap pihak TPL tetap memberikan dukungannya terhadap UMKM, sehingga nantinya UMKM dapat menembus pasar Nasional bahkan pasar Internasional,” tambah Marandus.

Adapun susunan pengurus Asosiasi yang dilantik diantaranya, Marandus Sirait sebagai Ketua, Ranap Manurung sebagai sekretaris, Pasu Dame Pardede sebagai bendahara, disertai pelantikan seluruh kordinator dan pengurus di Kecamatan di wilayah Tobasa.

Turut hadir ketua, Ketua Dekranasda Tobasa Ibu Brenda Ritawati Darwin Siagian Boru Aruan, Perwakilan GM Geopark Kaldera Toba, perwakilan Manager Geosite Kaldera Toba. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Tobasa, Marsarasi Simanjuntak. Kadis Kominfo Tobasa, Lalo Simanjuntak. Perwakilan dari Balai Badan POM Sumut yang ada di Tobasa. Boy antony Simangunsong perwakilan dari pihak DPRD Tobasa.

Usai pelantikan, berbagai acara hiburan disuguhkan diantaranya tortor khas Batak yang dibawakan Sanggar Seni, Rumah Parsiajaran Tradisional Inang Nauli Basa yang diasuh oleh Juita Manurung, Sth. Pelantikan pun diakhiri dengan menyanyikan lagu”O TANO BATAK”.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *