USM Kunjungi “Rumah Tepung” Fakultas Pertanian USU

MEDAN – Dalam mengembangkan potensi pangdan di Sumatera Utara, program studi ilmu dan Teknologi Pangan (S1) bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Pangan (S2) Fakultas Pertanian USU dan Pusat Kajian Umbi-Umbian USU serta School of Industrial Technology University Sains Malaysia (USM) menggelar Kuliah Umum bertemakan “Pengembangan Produk Pangan Baru” di Aula Abdul Hakim Fakultas Kedokteran USU, baru-baru ini.

Kegiatan kuliah umum diisi narasumber merupakan Dekan dan Pensyarah (Dosen) dari School of Industrial Technology USM, yang terdiri dari Prof Dr Norli Ismail (Dekan), Prof Madya Dr Fazilah Ariffin (Pensyarah) , Dr Musfirah Zulkarnain (Pensyarah), Dr Norazatul Hanim Mohd Rozalli (Pensyarah), Dr Maizura Murad (Pensyarah), dan Syazana Sulaiman.

Pada acara tersebut juga didiskusikan rencana kerjasama dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan staf pengajar (Student and Staff Exchange Agreement) antara Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (S1), Ilmu Pangan (S2) Fakultas Pertanian USU dan Pusat Kajian Umbi-Umbian USU dengan School of Industrial Technology USM.

Diskusi ini dihadiri Dr Ir Tavi Supriana, MS selaku Wakil Dekan III bidang Penelitian dan Kerjasama Fakultas Pertanian USU, Prof.Dr. Ir. Elisa Julianti selaku Ketua Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (S1) dan Ketua Pusat Kajian Umbi-Umbian USU, Ir. Hotnida Sinaga, MPhil PhD selaku ketua Program Studi Ilmu Pangan (S2) dan Prof Dr Norli Ismail selaku Dekan School of Industrial Technology USM.

Kuliah umum dibuka Dekan Fakultas Pertanian USU Dr Ir Hasanuddin, MS menyatakan acara ini penting untuk menambah wawasan mahasiswa. “Apalagi yang bertindak sebagai narasumber para pakar di bidang teknologi pangan yang berasal dari negara tetangga,” paparnya.

Dia menjelaskan para mahasiswa mendapatkan informasi terbaru terkait teknologi terkini dan pengembangan produk pangan baru di Malaysia.

Acara ini diikuti dosen dan mahasiswa dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (S1) dan Ilmu Pangan (S2) serta S3 Ilmu Pertanian Peminatan Ilmu Pangan dan dimoderatori Ir Hotnida Sinaga, MPhil.PhD. yang juga merupakan ketua Program Studi Ilmu Pangan (S2).
Pertukaran mahasiswa.

Setelah selesainya acara kuliah umum, para dosen dari School of Industrial Technology USM berkunjung ke Pusat Kajian Umbi-Umbian USU, dan meninjau peralatan dan proses pengolahan tepung umbi-umbian yang ada di “Rumah Tepung” Fakultas Pertanian USU.

Keenam orang dosen dari USM ini juga mengikuti pengabdian masyarakat bersama dosen dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan serta tim dari Pusat Kajian Umbi-Umbian USU di UKM yang beregrak dalam pengolahan singkong, yaitu UD Kreasi Lutvi dan UD Sumber Makmur di Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang.

Pada kesempatan tersebut para dosen dari USM tersebut berkesempatan mengunjungi pabrik pengolahan keripik singkong dan memberi masukan kepada pihak UKM yang dipimpin Muhdi S.Ag., terkait proses pengolahan pangan yang sesuai dengan standar Good Manufacturing Practice (GMP).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *