Ilustrasi Chrisye Tampil di Google Doodle

JAKARTA – Chrisye menjadi tema Google Doodle hari ini, Senin (16/9). Jika Anda tinggal di Indonesia maka halaman pencarian Google hari ini menampakkan ilustrasi penyanyi Indonesia, Chrisye.

Ilustrasi Chrisye yang tampil di Google Doodle tersebut merupakan karya artis asal Yogyakarta Antares Hasanbasri. Google memilih tema ini untuk merayakan ulang tahun penyanyi pop dan penulis lagu progresif Indonesia, Chrisye.

Terlahir sebagai Chrismansyah Rahadi di Jakarta pada 16 September 1949, Chrisye memenangi banyak penghargaan dalam 40 tahun kariernya dan secara luas dianggap sebagai salah satu musisi Indonesia terbesar sepanjang masa.

Orang tua Chrisye berharap dia menjadi seorang insinyur. Namun, Chrisye tenyata jatuh cinta pada musik. Dia memulai kehidupan bermusik bareng saudaranya Joris dan tetangganya dengan membentuk band bernama Gipsy.

Rekaman awal Chrisye dengan Gipsy, serta sejumlah album solo lainnya, memperkuat tempatnya sebagai salah satu artis rekaman paling populer di Indonesia.

Google memaparkan, terobosan Gipsy terjadi ketika mereka berkolaborasi dengan Guruh Sukarnoputra pada tahun 1976 melalui album Guruh Gipsy, memadukan rock kontemporer serta musik tradisional Jawa dan Bali.

Soundtrack film Badai Pasti Berlalu (1977) melahirkan dua karyanya yang paling kritis, termasuk “Lilin-Lilin Kecil” yang ditulis oleh James F. Sundah. Vokalnya yang halus pada lagu itu menjadikannya lagu ini favorit bagi banyak generasi.

Baca Juga: Winner akan menggelar konser, saham YG Entertainment terus melaju

Keberhasilan album soundtrack tersebut mendorong karier solo Chrisye dengan proyek pertama Sabda Alam pada tahun 1978.

Chrisye menikahi Yanti, mantan penyanyi yang lahir dengan nama G.F. Damayanti Noor. Mereka membesarkan empat anak.

Chrisye memenangi banyak penghargaan, termasuk penghargaan Anugerah Musik Indonesia untuk kategori Penyanyi Pop Terbaik dan Album Terbaik.

“Semangat bermusik saya tidak akan pernah mati,” demikian Chrisye pernah menulis.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *