Harga Minyak Dunia Turun ke US$54,76/Barel

JAKARTA – Harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober 2019 di New York Mercantile Exchange turun 0,61% ke US$ 54,76 per barel jika dibandingkan dengan harga penutupan Jumat pekan lalu.

Pada awal perdagangan Selasa (3/9). Pukul 7.22 WIB harga minyak kembali turun. Berdasarkan data harga minyak brent untuk pengiriman November 2019 di ICE Futures turun 0,14% ke US$ 58,58 per barel dari harga penutupan kemarin pada US$ 58,66 per barel. Harga minyak brent ini turun dalam tiga hari perdagangan berturut-turut sejak Jumat lalu.

Sementara, perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China memulai babak baru dengan kenaikan tarif impor yang dimulai pada Minggu (1/9). Presiden AS Donald Trump mengatakan kedua pihak akan kembali bernegosiasi pada bulan ini.

Trump mengatakan bahwa tujuannya adalah mengurangi ketergantungan terhadap China. Dia pun mendesak perusahaan-perusahaan AS untuk mencari alternatif pasokan di luar China.

“Meski Presiden Trump mengindikasikan pembicaraan terjadwal antara kedua negara, pasar makin menghindari perselisihan yang berlarut-larut antara kedua negara. Pasar keuangan akan lebih memperhatikan pelonggaran bank sentral untuk menopang selera risiko,” Kata Harry Tchilinguirian dari BNP Paribas kepada Reuters.

Organization of the Petroleum Exporting (OPEC) melaporkan produksi yang naik untuk pertama kalinya tahun ini pada bulan Agustus. Kenaikan pasokan dari Irak dan Nigeria mampu mengimbangi penurunan produksi Arab Saudi dan Iran.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *