Bursa Saham Asia Mendarat di Zona Hijau

JAKARTA – Mayoritas bursa saham Asia menguat pada perdagangan Selasa (20/8). Pada pukul 8.41 WIB pagi ini, hanya indeks Hang Seng yang tercatat turun 0,36% ke 26.196. Indeks saham bursa Hong Kong ini masih turun di tengah demonstrasi berkepanjangan.

Indeks Nikkei menguat 0,23% ke 20.610. Taiex pun menguat 0,15% ke 10.504. Kospi naik tipis 0,07% ke 1.941. Sedangkan Straits Times naik tipis 0,09% dan FTSE Malaysia menguat 0,16%.

Pasar saham masih menyambut peluncuran stimulus sejumlah negara untuk menyokong pertumbuhan ekonomi di tengah perang dagang. Tapi, fokus pasar nantinya akan beralih ke catatan rapat The Fed bulan lalu yang akan dirilis Rabu (21/8).

Dua agenda lain adalah simposium Jackson Hole dan KTT G7 di akhir pekan. “Ada ekspektasi kebijakan moneter longgar di seluruh dunia dan ini menjadi bantalan bagi pasar di tengah ketidakpastian global,” kata Masayuki Kichikawa, chief macro strategist Sumitomo Mitsui Asset Management kepada Reuters.

Dia menambahkan, China sudah bersiap mengungkit pertumbuhan ekonomi. Harapan serupa pun muncul di Jerman setelah menteri keuangan menyebut perlu hingga 50 miliar euro untuk tambahan belanja.

“Bank-bank sentral tidak punya pilihan selain pelonggaran. Pertanyaan yang masih ada adalah apa kebijakan fiskal yang akan muncul,” imbuh Kichikawa.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *